SARI, INDAH KURNIA and Kurnianingsih, Fitri and Setiawan, Ramadhani (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN APLIKASI MOBILE JKN DI KANTOR BPJS KESEHATAN TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Indah Kurnia Sari_180563201119_IAN_Cover.pdf - Published Version Download (410kB) |
|
Text (Abstrak)
Indah Kurnia Sari_180563201119_IAN_Abstrak.pdf - Published Version Download (101kB) |
|
Text (BAB I)
Indah Kurnia Sari_180563201119_IAN_BAB 1.pdf - Published Version Download (246kB) |
|
Text (D aftar Pustaka)
Indah Kurnia Sari_180563201119_IAN_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (320kB) |
|
Text (Full Teks)
Indah Kurnia Sari_180563201119_IAN_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Aplikasi mobile JKN merupakan salah satu bentuk transformasi digital, yang mana semulanya berupa aktivitas administratif secara konvensional dilakukan di kantor cabang ditransformasi kedalam bentuk mobile application. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat atau peserta dalam mendapatkan layanan dan mengakses informasi secara cepat dalam genggaman tangan. Sehingga menjadi solusi bagi peserta BPJS Kesehatan yang memerlukan layanan administrasi karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun tanpa batas waktu. Tujuan penelitian untuk mengetahui Efektivitas pelayanan kesehatan menggunakan aplikasi mobile JKN di Kantor BPJS Kesehatan Tanjungpinang merujuk pada indikator Pencapaian Tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sampel 8 informan yang merupakan masyarakat Peserta BPJS, diantaranya masyarakat pengguna aplikasi Mobile JKN yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Hasil penelitian berdasarkan (1) indikator pencapaian tujuan Mobile JKN tersebut dikatakan sudah efektif dalam hal mengurangi kunjungan peserta yang datang langsung ke kantor cabang sehingga tidak ada antrian panjang dikantor, namun dari segi waktu terhitung sejak diterapkan hingga sekarang belum maksimal karena peserta yang menggunakan aplikasi masih rendah dari total keseluruhan jumlah peserta BPJS, tercatat hanya 30,672 jiwa yang menjadi pengguna aplikasi Mobile JKN dari 208,454 jiwa jumlah peserta BPJS Kesehatan, (2) indikator integrasi yang dijalankan belum efekttif dari segi sosialisasi program, penyampaian sosialisasi tidak didapatkan oleh sebagian masyarakat atau peserta BPJS, dan (3) indikator adaptasi sudah cukup efektif karena masyarakat mampu beradaptasi, menerima dan mendukung aplikasi Mobile JKN. Kesimpulan penelitian dinilai belum efektif. Pemanfaatan aplikasi Mobile JKN untuk meningkatkan efektivitas pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang sudah berjalan tetapi belum efektif berdasarkan temuan penelitian mengenai jumlah pengguna aplikasi Mobile JKN tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 13:33 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 13:33 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4639 |
Actions (login required)
View Item |