KRISDIYANTO, CHASEERY and Edison, Edison and Kurnianingsih, Fitri (2023) EFEKTIVITAS WEBSITE LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA INFORMASI DALAM KONTEKS RELASI GOVERNMENT TO BUSINESS (Studi Kasus Pada Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
CHASEERY KRISDIYANTO_180563201062_Ilmu Administrasi Negara_COVER.pdf - Published Version Download (315kB) |
|
Text (Abstrak)
CHASEERY KRISDIYANTO_180563201062_Ilmu Administrasi Negara_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (283kB) |
|
Text
CHASEERY KRISDIYANTO_180563201062_Ilmu Administrasi Negara_BAB I.pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (Daftar Referensi)
CHASEERY KRISDIYANTO_180563201062_Ilmu Administrasi Negara_DAFTAR REFERENSI.pdf - Published Version Download (284kB) |
|
Text (Full Teks)
CHASEERY KRISDIYANTO_180563201062_Ilmu Administrasi Negara_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Kota Tanjungpinang mengelola website pengadaan barang/jasa namun terdapat beberapa risalah lelang yang gagal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas website layanan pengadaan secara elektronik sebagai media informasi dalam konteks hubungan pemerintah-bisnis (studi kasus di Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan 8 indikator konsep efektivitas website. Hasil penelitian didasarkan pada 8 indikator yaitu; Peran website, melakukan proses pengadaan barang dan jasa. Peran pemerintah, LPSE Kota Tanjungpinang menjalankan perannya. Tujuannya agar website LPSE Kota Tanjungpinang mencapai tujuan tersebut. Jangkauan akses, keberadaan website belum maksimal, penyedia tahu dari pihak ketiga. Konten, isi website tidak maksimal, kurang informasi. Interaksi, website memiliki komunikasi dua arah. Faktor penghambat yaitu pemeliharaan server, kecepatan internet, dan listrik. Faktor pendukung yaitu sumber daya manusia, bandwith yang besar, sarana dan prasarana. Kesimpulan kajian belum efektif berdasarkan temuan penelitian mengenai jumlah penyedia barang/jasa yang tidak mengikuti tender dalam indikator cakupan akses dan jumlah penyedia yang masih harus pergi ke kantor untuk mengikuti pengadaan barang/jasa dalam indikator isi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 04:09 | |||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 04:09 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4838 |
Actions (login required)
View Item |