MUDMA'INNAH, DUWI and Samin, Rumzi and Subiyakto, Rudi (2023) EVALUASI PELAYANAN APLIKASI CEK DARE DI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PROVINSI KEPULAUAN RIAU. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
Duwi Mudma'innah_180563201036_Ilmu Administrasi Negara_Cover.pdf Download (642kB) |
|
Text (ABSTRAK)
Duwi Mudma'innah_180563201036_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB I)
Duwi Mudma'innah_180563201036_Ilmu Administrasi Negara_BAB 1.pdf Download (188kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Duwi Mudma'innah_180563201036_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf Download (236kB) |
|
Text (FULLTEXT)
Duwi Mudma'innah_180563201036_Ilmu Administrasi Negara_Full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak instansi meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi. Dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana provinsi kepulauan riau meluncurkan aplikasi cek dare kepri yang bertujuan untuk mempercepat laporan dan mempermudah masyarakat kepulauan riau dalam melaporkan dan konsultasi atas tindakan kekerasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelayanan aplikasi cek dare di dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana provinsi kepri dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari aplikasi cek dare kepri dalam upaya mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak di provinsi kepulauan riau. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik dan pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teori evaluasi menggunakan teori William N. Dunn, yaitu efektivitas, efesiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketetapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) efektivitas dalam penerapan aplikasi cek dare belum terlaksana dengan optimal karena masih terdapat beberapa hambatan pada jaringan peningkatan aplikasi, (2) efesiensi belum optimal dikarenakan pendanaan yang masih mengalami hambatan, (3) kecukupan belum optimal ditandai belum memadainya SDM dalam bidang IT dan penerapan, juga aplikasi belum diakses melalui ios, (4) perataan sudah optimal dimana masyarakat kepri dapat melapor melalui aplikasi, (5) responsivitas sudah optimal, (6) ketetapan penerapan pelayanan belum optimal karena dalam penerapan belum melibatkan Lembaga/instansi dan peran masyarakat dalam penanganan, juga masih tingginya kasus kekerasan yang terjadi di kepulauan riau. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelayanan melalui aplikasi cek dare belum optimal karena masih ditemukan beberapa indikator yang belum optimal yaitu efektivitas, efesiensi, kecukupan, dan ketetapan. Kata Kunci: Evaluasi, Pelayanan, Cek dare kepri
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 08:01 | |||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 08:01 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4911 |
Actions (login required)
View Item |