NURUL, SUHAIDAH and Nevrita, Nevrita and Dios, Sarkity (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Nurul Suhaidah_190384205025_Pendidikan Biologi_Cover2.pdf - Published Version Download (690kB) |
|
Text (Abstrak)
Nurul Suhaidah_190384205025_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (207kB) |
|
Text (Bab 1)
Nurul Suhaidah_190384205025_Pendidikan Biologi_Bab 1.pdf - Published Version Download (430kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Nurul Suhaidah_190384205025_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (324kB) |
|
Text (Full Teks)
Nurul Suhaidah_190384205025_Pendikan Biologi_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan kemampuan kerja sama siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tanjungpinang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Lembar tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dan instrumen lembar observasi untuk mengukur kemampuan kerja sama siswa yang diamati oleh observer (pengamat) setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh menunjukkan hasil uji U, uji T dan Uji Kruskal Wallis maka diketahui: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa (2) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan kerja sama siswa (3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan kemampuan kerja sama siswa. Model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat direkomendasikan sebagai model pembelajaran alternatif untuk menunjang proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan kerja sama siswa di dalam kelas pada saat pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2023 04:58 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2023 04:58 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5393 |
Actions (login required)
View Item |