Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMPIT AS-SAKINAH TANJUNGPINANG

NURFALIZA, NURFALIZA and Nur Eka Kusuma, Hindrasti and Nevrita, Nevrita (2023) PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMPIT AS-SAKINAH TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
NURFALIZA_190384205031_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version

Download (762kB)
[img] Text (Abstrak)
NURFALIZA_190384205031_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (BAB I)
NURFALIZA_190384205031_Pendidikan Biologi_BAB I.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NURFALIZA_190384205031_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Full Text)
NURFALIZA_190384205031_Pendidikan Biologi_Skripsi_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project-based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPIT As-Sakinah Tanjungpinang. Jenis penelitian merupakan penelitian quasi exsperimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yakni post-test only nonequivalent control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPIT As-Sakinah Tanjungpinang tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampel menggunakan total sampling sehingga diperoleh jumlah 65 siswa yang dikelompokkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu tes berupa soal uraian untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dan observasi berupa lembar observasi untuk melihat kemampuan kolaborasi siswa. Teknik análisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji hipótesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas. Uji hipótesis yang digunakan berupa uji Independent Sample t Test, uji Mann Whitney U dan uji KruskalWallis. Berdasarkan análisis hasil uji Independent Sample t Test dapat diketahui hasil kemampuan berpikir kritis siswa memiliki pengaruh yang signifikan pada penerapan model Project-based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan uji Mann Whitney U diketahui hasil kemampuan kolaborasi siswa diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Projectbased Learning terhadap kemampuan kolaborasi siswa. Berdasarkan uji KruskalWallis untuk melihat perbedaan rata-rata dua variabel independen diperoleh terdapat pengaruh yang simultan pada penerapan model Project-based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorNur Eka Kusuma, HindrastiNIP.198901232014042001
ContributorNevrita, NevritaNIP.196911261993032007
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:14
Last Modified: 02 Aug 2023 06:14
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5398

Actions (login required)

View Item View Item