Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PANTUN PADA PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ASTUTI, MARNI and Elfitra, Legi and Testy Ariance Loren, Fabio (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PANTUN PADA PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
MARNI_ASTUTI_190388201006_PBSI-Cover.pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Text (Abstrak)
MARNI_ASTUTI_190388201006_PBSI-Abstrak.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (BAB I)
MARNI_ASTUTI_190388201006_PBSI-BAB I.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
MARNI_ASTUTI_190388201006_PBSI-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (Full Text)
MARNI_ASTUTI_190388201006_PBSI - Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ludo Pantun dalam materi pembelajaran menulis pantun siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tanjungpinang dengan mengukur tingkat validitas dan praktikalitas dari media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D yang dimulai dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media visual berupa papan yang berbentuk ludo yang dilambangkan dengan 3 simbol yaitu pertanyaan, bonus dan zonk. Ludo Pantun dilakukan validasi media oleh dua ahli yaitu, ahli media dan materi. Jumlah siswa kelompok uji coba praktikalitas media yaitu 4 siswa untuk kelompok kecil dan 24 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket validitas media, dan angket praktikalitas media. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, deskriptif kualitatif untuk menganalisis komentar, saran dan masukan terhadap media serta deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian validitas dan praktikalitas media. Hasil penelitian ini adalah produk media Ludo Pantun dengan persentase validasi dari ahli media mencapai 85% dengan kualifikasi “sangat valid” dan validasi ahli materi mencapai 76% dengan kualifikasi “valid”. Setelah itu, dilakukan uji coba praktikalitas media kepada siswa di MTsN Tanjungpinang dengan persentase mencapai 85,5% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok kecil dan 85,3% dengan persentase mencapai 85,3% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok besar. Penelitian ini dapat dijadikan acuan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari ludo pantun dan juga dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan media visual lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDElfitra, LegiNIP.198501292015042002
UNSPECIFIEDTesty Ariance Loren, FabioNIP.199201102019032021
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:40
Last Modified: 04 Aug 2023 02:40
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item View Item