RANIK JINTAN, PUTRI and Pardi, Hilfi and Fitriani, Rita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA SMARTPHONE MATERI HIDROKARBON UNTUK SMA/MA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
PUTRI_RANIK_JINTAN_190384204001_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (422kB) |
|
Text (Abstrak)
PUTRI_RANIK_JINTAN_190384204001_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (119kB) |
|
Text (BAB I)
PUTRI_RANIK_JINTAN_190384204001_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (250kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
PUTRI_RANIK_JINTAN_190384204001_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (241kB) |
|
Text (Full Teks)
PUTRI_RANIK_JINTAN_190384204001_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada smartphone materi hidrokarbon untuk SMA/MA dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran baik media non-elektronik maupun elektronik di SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Media yang biasa digunakan berupa media non-elektronik yaitu media cetak dan papan tulis tanpa adanya media penunjang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning, serta menguji tingkat validitas dan praktikalitas dari media pembelajaran berbasis mobile learning pada smartphone materi hidrokarbon. Penelitian pengembangan ini menggunakan software Smart Apps Creator dan aplikasi Canva. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah satu orang guru mata pelajaran kimia dan 35 orang peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Hasil validasi media pada pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada smartphone materi hidrokarbon memperoleh hasil 68,75% dengan kriteria valid dan hasil validasi materi memperoleh nilai 89,28% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas guru dan peserta didik terhadap produk memperoleh nilai 97,05% dan 87,13% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis mobile learning pada smartphone materi hidrokarbon untuk SMA/MA valid dan sangat praktis sehingga layak untuk digunakan pada pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:08 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:08 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5458 |
Actions (login required)
View Item |