Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH PENERAPAN E-LKPD MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI SMA KELAS XI

RONALDI, ADRIANUS AMA BEDA and Febrian, Febrian and Rahmatina, Desi (2023) PENGARUH PENERAPAN E-LKPD MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI SMA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
ADRIANUS_RONALDI_AMA_BEDA_190384202030_Pendidikan_Matematika - Cover.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (Abstrak)
ADRIANUS_RONALDI_AMA_BEDA_190384202030_Pendidikan_Matematika - Abstrak.pdf - Published Version

Download (819kB)
[img] Text (BAB I)
ADRIANUS_RONALDI_AMA_BEDA_190384202030_Pendidikan_Matematika - BAB I.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
ADRIANUS_RONALDI_AMA_BEDA_190384202030_Pendidikan_Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Full Teks)
ADRIANUS_RONALDI_AMA_BEDA_190384202030_Pendidikan_Matematika - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan sebuah bahan ajar e-LKPD menggunakan liveworksheets terhadap hasil belajar pada materi aplikasi turunan fungsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini berupa hasil belajar posttest peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumblah 229 siswa, teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling purposive dengan sampel penelitian berjumlah 72 siswa dengan masing-masing 36 siswa di kelas kontrol dan 36 siswa dikelas eksperimen. Hasil analisis data Posttest didapatkan rata-rata kelas eksperimen 69,17 yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol 48,36. Dari hasil uji-t diperoleh bahwa hasil analisis Independent Sampel t-Test mendapat hasil p-value 0,00 < taraf signifikan 0,05, ini berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Melalui hal tersebut maka dapat terlihat perbedaan hasil belajar yang dicapai antara siswa yang menggunakan e-LKPD menggunakan liveworksheets dan siswa dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan e-LKPD menggunakan liveworksheets berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi aplikasi turunan fungsi SMA kelas XI.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDFebrian, FebrianNIP.198802072015041004
UNSPECIFIEDRahmatina, DesiNIPPPK.197612052021212002
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.01 Public Schools/Sekolah Negeri
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.02 Private Schools/Sekolah Swasta
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.04 Alternative Schools/Sekolah Alternatif
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 School Administration/Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378.598 Higher Education in Indonesia/Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:36
Last Modified: 03 Aug 2023 03:36
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5518

Actions (login required)

View Item View Item