NOOR FATONAH, TRIA and Rahmatina, Desi and Elvi, Mariyanti (2023) HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN KECEMASAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
TRIA_NOOR_FATONAH_190384202036_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version Download (664kB) |
|
Text (Abstrak)
TRIA_NOOR_FATONAH_190384202036_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (172kB) |
|
Text (BAB I)
TRIA_NOOR_FATONAH_190384202036_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
TRIA_NOOR_FATONAH_190384202036_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (225kB) |
|
Text (Full Teks)
TRIA_NOOR_FATONAH_190384202036_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi, kecemasan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 218. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan undian sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu kelas VII-5. Untuk mengukur regulasi diri dan kecemasan belajar siswa menggunakan instrumen penelitian lembar kuesioner dan hasil belajar menggunakan nilai Ujian Tengah Semester Genap. Uji validasi instrumen regulasi diri dan kecemasan belajar yang terdiri dari 20 item dinyatakan valid sebanyak 15 item. Uji reliabilitas kuesioner regulasi diri dan kecemasan belajar dinyatakan reliabel. Hasil uji prasyarat normalitas dinyatakan normal. Berdasarkan uji hipotesis dapat dinyatakan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara regulasi diri dengan hasil belajar matematika dilihat dari nilai r_hitung sebesar 0,914 > r_tabel yaitu 0,355 dengan tingkat hubungan sangat kuat. (2) terdapat hubungan negatif antara kecemasan belajar dengan hasil belajar matematika dilihat dari nilai r_hitung sebesar -0,445 > r_tabel yaitu 0,355 dengan tingkat hubungan sedang. (3) terdapat hubungan positif antara regulasi diri dan kecemasan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika dilihat dari nilai Sig. F Change 0,00 > 0,05 dan R_ sebesar 0,915 dengan tingkat hubungan sangat kuat.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 150-159. Psikologi/Ilmu Jiwa 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2023 01:45 | |||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2023 01:45 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5526 |
Actions (login required)
View Item |