OKVIANI, FIRDA and Fera, Mirta and Susanti, Susanti (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Firda_Okviani_190384202015_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
Text (Abstrak)
Firda_Okviani_190384202015_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (49kB) |
|
Text (BAB I)
Firda_Okviani_190384202015_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Firda_Okviani_190384202015_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (178kB) |
|
Text (Full Teks)
Firda_Okviani_190384202015_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan guru tersebut belum dapat menarik respon peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan E-LKPD berbasis pendekatan kontekstual pada materi barisan dan deret aritmatika kelas XI SMA yang valid, praktis dan efektif. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan pengembangan model ADDIE. Adapun subjek uji coba pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Toapaya. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar angket, dan instrumen efektivitas. Teknis analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 90%, hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 91%, dan hasil validasi ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 97,5%. Hasil angket respon pendidik diperoleh rata-rata sebesar 95% dengan memenuhi kriteria sangat praktis. Sedangkan, hasil angket respon peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil N-gain diperoleh rata-rata sebesar 0,73 didapat bahwa E-LKPD yang dikembangkan dikategorikan peningkatan tinggi. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa, E-LKPD berbasis pendekatan kontekstual memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret aritmatika.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 06:17 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:17 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5593 |
Actions (login required)
View Item |