FAZILAH, RISKA and Liana, Metta and Astuti, Puji (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM TIPE NUMERASI SMP KELAS VIII BERDASARKAN TEORI KASTOLAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RISKA FAZILAH_190384202044_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (814kB) |
|
Text (Abstrak)
RISKA FAZILAH_190384202044_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (167kB) |
|
Text (Bab I)
RISKA FAZILAH_190384202044_Pendidikan Matematika_Bab I.pdf - Published Version Download (251kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
RISKA FAZILAH_190384202044_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (185kB) |
|
Text (Full Teks)
RISKA FAZILAH_190384202044_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rendahnya nilai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang diperoleh SMP Negeri 8 Tanjungpinang yang disebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menjwab soal AKM. Oleh karena itu, diperlukannya analisis lebih lanjut mengenai kesalahan yang dilakukan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa menurut teori Kastolan dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tipe numerasi SMP kelas VIII. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2023 di SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Peneliti merupakan instrumen utama dan didukung oleh lembar tes, dan lembar pedoman wawancara. Enam siswa diambil sebagai subjek penelitian dengan kategori nilai tinggi, sedang, dan rendah dengan melihat kesalahan dalam menyelesaikan soal AKM berdasarkan teori Kastolan. Teknik pengumpulan data adalah tes soal AKM dan wawancara mendalam. Teknik analisis data secara umum terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan konseptual yang dilakukan siswa sebesar 36%, pada kesalahan prosedural siswa melakukan kesalahan sebanyak 65% dan pada kesalahan teknik siswa mengalami kesalahan sebesar 54%. Pada kesalahan konseptual siswa melakukan kesalahan tidak menuliskan rumus, teorema atau definisi yang diketahui dari soal. Sedangkan pada kesalahan prosedural siswa melakukan kesalahan karena tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian dan siswa tidak menyelesaikan soal atau tidak memanipulasi langkah-langkah sehingga tidak mendapatkan hasil yang benar. Kemudian pada kesalahan teknik siswa mengalami kesalahan dalam operasi hitung dan simbol matematika yang kurang atau tidak ada. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi lebih kepada guru, siswa dan peneliti selanjutnya agar lebih mendalami kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal AKM
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 04:08 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 04:08 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5620 |
Actions (login required)
View Item |