Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM TIPE NUMERASI SMP KELAS VIII BERDASARKAN TEORI KASTOLAN

FAZILAH, RISKA and Liana, Metta and Astuti, Puji (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM TIPE NUMERASI SMP KELAS VIII BERDASARKAN TEORI KASTOLAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
RISKA FAZILAH_190384202044_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (814kB)
[img] Text (Abstrak)
RISKA FAZILAH_190384202044_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Bab I)
RISKA FAZILAH_190384202044_Pendidikan Matematika_Bab I.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
RISKA FAZILAH_190384202044_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Full Teks)
RISKA FAZILAH_190384202044_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya nilai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang diperoleh SMP Negeri 8 Tanjungpinang yang disebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menjwab soal AKM. Oleh karena itu, diperlukannya analisis lebih lanjut mengenai kesalahan yang dilakukan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa menurut teori Kastolan dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tipe numerasi SMP kelas VIII. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2023 di SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Peneliti merupakan instrumen utama dan didukung oleh lembar tes, dan lembar pedoman wawancara. Enam siswa diambil sebagai subjek penelitian dengan kategori nilai tinggi, sedang, dan rendah dengan melihat kesalahan dalam menyelesaikan soal AKM berdasarkan teori Kastolan. Teknik pengumpulan data adalah tes soal AKM dan wawancara mendalam. Teknik analisis data secara umum terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan konseptual yang dilakukan siswa sebesar 36%, pada kesalahan prosedural siswa melakukan kesalahan sebanyak 65% dan pada kesalahan teknik siswa mengalami kesalahan sebesar 54%. Pada kesalahan konseptual siswa melakukan kesalahan tidak menuliskan rumus, teorema atau definisi yang diketahui dari soal. Sedangkan pada kesalahan prosedural siswa melakukan kesalahan karena tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian dan siswa tidak menyelesaikan soal atau tidak memanipulasi langkah-langkah sehingga tidak mendapatkan hasil yang benar. Kemudian pada kesalahan teknik siswa mengalami kesalahan dalam operasi hitung dan simbol matematika yang kurang atau tidak ada. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi lebih kepada guru, siswa dan peneliti selanjutnya agar lebih mendalami kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal AKM

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorLiana, MettaNIP. 19880129 201903 2 016
ContributorAstuti, PujiNIP. 19881125 202203 2 007
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:08
Last Modified: 07 Aug 2023 04:08
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5620

Actions (login required)

View Item View Item