SUSANTI, SITI SRI and Fitriani, Rita and Willian, Nancy (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MEMUAT GAME EDUKASI PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF BELAJAR MANDIRI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SITI_SRI_SUSANTI_190384204019_Pendidikan Kimia - Cover.pdf.pdf - Published Version Download (929kB) |
|
Text (Abstrak)
SITI_SRI_SUSANTI_190384204019_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf.pdf - Published Version Download (55kB) |
|
Text (BAB I)
SITI_SRI_SUSANTI_190384204019_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf.pdf - Published Version Download (320kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SITI_SRI_SUSANTI_190384204019_Pendidikan Kimia - Daftar pustaka.pdf.pdf - Published Version Download (337kB) |
|
Text (Full Teks)
SITI_SRI_SUSANTI_190384204019_Pendidikan Kimia - Full Teks.pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif memuat game edukasi pada materi konfigurasi elektron sebagai media alternatif belajar mandiri untuk SMA/MA kelas X dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik sehingga menjadi salah satu penyebab rendahnya minat dan motivasi belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, menguji tingkat validitas dan menguji tingkat praktikalitas dari multimedia pembelajaran interaktif memuat game edukasi pada materi konfigurasi elektron. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Sumber data dari penelitian ini berasal dari satu orang ahli media, satu orang ahli materi, satu orang guru kimia dan 25 peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Hasil uji validasi ahli media memperoleh hasil 92,50% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli materi memperoleh hasil 72,50% dengan kriteria valid. Hasil praktikalitas guru dan siswa memperoleh hasil 90,00% dan 86,39% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran interaktif memuat game edukasi pada materi konfigurasi elektron sebagai media alternatif belajar mandiri layak digunakan dalam proses pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 04:36 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 04:36 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5623 |
Actions (login required)
View Item |