Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

INOVASI PELAYANAN MELALUI APLIKASI PELAPORAN ORANG ASING (APOA) DI KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) DABO SINGKEP KABUPATEN LINGGA

PUTRI ANANDA ISKANDAR, CINDEA and Poti, Jamhur and Okparizan, Okparizan (2023) INOVASI PELAYANAN MELALUI APLIKASI PELAPORAN ORANG ASING (APOA) DI KANTOR IMIGRASI KELAS II NON TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) DABO SINGKEP KABUPATEN LINGGA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
CINDEA PUTRI_190563201088_ILMU ADMINISTRASI NEGARA_COVER.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text (ABSTRAK)
CINDEA PUTRI_190563201088_ILMU ADMINISTRASI NEGARA_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (BAB 1)
CINDEA PUTRI_190563201088_ILMU ADMINISTRASI NEGARA_BAB 1.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
CINDEA PUTRI_190563201088_ILMU ADMINISTRASI NEGARA_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (FULL TEXT)
CINDEA PUTRI_190563201088_ILMU ADMINISTRASI NEGARA_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Dalam sejarah pembangunan manusia adalah komponen terkecil dari suatu kelompok juga dikenal sebagai orang-orang yang akan membentuk suatu negara. Warga negara adalah mereka yang tinggal di suatu negara bagian atau wilayah. Mereka yang memilih untuk bertempat tinggal dan menetap di suatu wilayah tertentu dalam hubungannya dengan negara. Keadaan tersebut mengakibatkan meningkatnya wisatawan yang dilakukan orang asing sehingga diadakan pengawasan terhadap orang asing oleh Kantor Imigrasi setempat. Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) merupakan aplikasi yang dikembangkan Direktorat Jenderal Imigrasi yang dibuat untuk mempermudah proses pelaporan orang asing yang akan terdeteksi walaupun seringkali berpindah-pindah penginapan di wilayah yang berbeda-beda. Tersedianya data orang asing meliputi identitas, tanggal masuk ke wilayah Indonesia, visa, dan izin tinggal serta dilengkapi dengan pergerakan atau tempat menginapnya akan mengoptimalkan kegiatan pengawasan orang asing. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pelayanan pelaporan orang asing di Kantor Imigrasi Kelas II Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Dabo Singkep, Kabupaten Lingga sebelum dan setelah adanya sistem Aplikasi Pelaporan Orang Asing.Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan informan 5 (lima) orang. Pengambilan data yang telah dikumpulkan yang didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori keberhasilan Inovasi Rogers (sumanjoyo dan hermawan ;2018:32). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penelitian ini memberikan kontribusi terkait inovasi pelayanan melalui aplikasi pelaporan orang asing secara online sudah cukup berhasil, namun jika dilihat dari pemberian sosialisasi penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) belum maksimal dan pihak hotel kurang efektif menginformasikan penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) kepada orang asing. Dan perlu perbaikan dari kekurangan untuk menyesuaikan aplikasi itu untuk memudahkan mengakses situs web tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDPoti, JamhurNIDN. 1010016404
UNSPECIFIEDOkparizan, OkparizanNIDN. 0001108304
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara
300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.14 Local Administration, Provinces/Administrasi Lokal, Provinsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:07
Last Modified: 08 Aug 2023 04:07
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5656

Actions (login required)

View Item View Item