Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SECARA TERTULIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

ROHMAH, HARMELI and Nevrita, Nevrita and Dios, Sarkity (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SECARA TERTULIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Rohmah Harmeli_180384205028_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text (Abstrak)
Rohmah Harmeli_180384205028_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Bab 1)
Rohmah Harmeli_180384205028_Pendidikan Biologi_Bab 1.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Rohmah Harmeli_180384205028_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Full Teks)
Rohmah Harmeli_180384205028_Pendidikan Biologi_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe think, talk, write (TTW) terhadap kemampuan argumentasi secara tertulis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Tanjungpinang pada kelas VIII pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa tes dengan instrument penelitian soal tes kemampuan argumentasi siswa. peneliti menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimen). Berdasarkan hasil kelas eksperimen didapatkan hasil rata-rata keseluruhan yaitu 79 dengan kategori baik sedangkan pada kelas kontrol 70 dengan kategori baik. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan hasil Sig. (2-tailed) 0,041>0,05 maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think, talk, write (TTW) terhadap argumentasi secara tertulis siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorNevrita, NevritaNIP.196911261993032007
ContributorDios, SarkityNIP.199111092019031013
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:32
Last Modified: 08 Aug 2023 07:32
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5663

Actions (login required)

View Item View Item