ANJANI, SARI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABIRIN AKTIF PADA TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SARI ANJANI_190388201021_PBSI - Cover.pdf - Published Version Download (501kB) |
|
Text (Abstrak)
SARI ANJANI_190388201021_PBSI - Abstrak .pdf - Published Version Download (567kB) |
|
Text (BAB I)
SARI ANJANI_190388201021_PBSI - BAB I.pdf - Published Version Download (688kB) |
|
Text (Daftar Isi)
SARI ANJANI_190388201021_PBSI - Daftar Pustaka .pdf - Published Version Download (607kB) |
|
Text (Full Teks)
SARI ANJANI_190388201021_PBSI - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran labirin aktif pada teks puisi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2022/2023 dengan mengukur tingkat validitas dan kepraktisan dari media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang tahapannya dimulai dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Media yang dikembangkan peneliti dalam penelitian ini adalah jenis media pembelajaran visual kreatif berupa labirin aktif yang berisikan soal, materi, dan tangan untuk melihat kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran materi teks puisi. Validasi media labirin aktif dilakukan oleh dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Jumlah siswa kelompok uji coba kepraktisan media pembelajaran, yakni 6 siswa untuk kelompok kecil dan 25 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obeservasi, wawancara, angket validitas media, dan angket kepraktisan media. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian validitas dan kepraktisan media dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis kritik dan saran serta masukan terhadap media. Hasil penelitian ini adalah validasi ahli media pembelajaran labirin aktif diperoleh persentase mencapai 94,66% dengan kualifikasi “sangat valid” dan validasi ahli materi mencapai 85,33% dengan kualifikasi “sangat valid”. Selanjutnya, dilakukan uji coba kepraktisan media kepada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjungpinang dengan persentase mencapai 80,21% dengan kualifikasi “praktis” untuk kelompok kecil, 81,85% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok besar” dan 90,66% untuk dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk guru. Penelitian ini dapat dijadikan acuan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari media pembelajaran labirin aktif dan dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan media pembelajaran visual kreatif lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:25 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:25 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5698 |
Actions (login required)
View Item |