PUTERI UTAMI, ANNISA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA ILMU PADA TEKS CERITA INSPIRATIF SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
ANNISA PUTERI UTAMI_190388201007_PBS_COVER.pdf - Published Version Download (561kB) |
|
Text (Abstrak)
ANNISA PUTERI UTAMI_190388201007_PBSI_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (74kB) |
|
Text (BAB 1)
ANNISA PUTERI UTAMI_190388201007_PBSI_BAB I.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
ANNISA PUTERI UTAMI_190388201007_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (218kB) |
|
Text (Full Teks)
ANNISA PUTERI UTAMI_190388201007_PBSI-FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 16 September 2023. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran roda ilmu pada teks cerita inspiratif siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tanjungpinang, dengan mengukur validasi dan kepraktisan dari media yang telah dikembangkan. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D (Four-D), yang dimulai dari tahap define (pendefinisian), design (desain), dan development (pengembangan). Media yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu media yang mengutamakan pada aspek visual dan berbentuk seperti roda. Media pembelajaran roda ilmu pada teks cerita inspiratif siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tanjungpinang, dilakukan validasi oleh dua validator, yaitu ahli media dan ahli materi. Selain itu, kepraktisan media pada guru, dan kepraktisan media pada kelompok kecil yang berjumlah lima siswa, dan kepraktisan media pada kelompok besar yang berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, serta angket validasi dan kepraktisan. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif untuk menjabarkan kritik dan saran yang diberikan oleh ahli, guru dan siswa. Selain itu, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor hasil penilaian validasi dan kepraktisan. Hasil penelitian ini, berdasarkan validasi media oleh ahli media yaitu 94,66%, dengan kualifikasi sangat valid. Berdasarkan validasi media oleh ahli materi yaitu 80,95%, dengan kualifikasi sangat valid. Selain itu, berdasarkan kepraktisan pada guru yaitu 88%, dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan kepraktisan pada kelompok kecil yaitu 89,33%, dengan kualifikasi sangat praktis, dan kepraktisan pada kelompok besar yaitu 84,8%, dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan kepraktisan, media roda ilmu sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan media pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 04:53 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 04:53 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5700 |
Actions (login required)
View Item |