Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MODUL TEKS TANGGAPAN MENGGUNAKAN TEKNIK 5W+1H KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PELITA NUSANTARA TANJUNGPINANG

NUR SYAHARANI, AULIA and Andheska, Harry and Testy Ariance Loren, Fabio (2023) PENGEMBANGAN MODUL TEKS TANGGAPAN MENGGUNAKAN TEKNIK 5W+1H KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PELITA NUSANTARA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
AULIA_NUR_SYAHARANI_190388201030_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Cover.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text (Abstrak)
AULIA_NUR_SYAHARANI_190388201030_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (BAB I)
AULIA_NUR_SYAHARANI_190388201030_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- BAB I.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
AULIA_NUR_SYAHARANI_190388201030_Peniddikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Full Teks)
AULIA NUR SYAHARANI_190388201030_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul teks tanggapan dengan menggunakan teknik 5W+1H Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Pelita Nusantara Tanjungpinang, dengan mengukur uji validasi dan uji praktikalitas dari modul yang telah dikembangkan. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, yang dimulai dari tahap analysis (analisis), desaign (desain), dan development (pengembangan). Modul yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu bahan ajar yang di cetak, dan berbentuk visual. Modul teks tanggapan menggunakan teknik 5W+1H Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Pelita Nusantara Tanjungpinang dilakukan uji validasi oleh ahli materi, ahli modul, dan ahli bahasa. Selain itu, uji praktikalitas kelompok kecil yang berjumlah lima siswa, dan uji praktikalitas kelompok besar yang berjumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan angket uji validasi dan uji praktikalitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif untuk menjabarkan kritik dan saran yang diberikan oleh ahli dan siswa. Selain itu, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian uji validasi dan uji praktikalitas. Hasil penelitian ini, berdasarkan uji validasi modul oleh ahli materi yaitu 100%, dengan kategori penilaian sangat valid. Berdasarkan uji validasi modul oleh ahli modul yaitu 91%, dengan kategori penilaian sangat valid. Berdasarkan uji validasi modul oleh ahli bahasa yaitu 100%, dengan kategori penilaian sangat valid. Berdasarkan uji praktikalitas kelompok kecil yaitu 94,3%, dengan kategori penilaian sangat praktis, dan uji praktikalitas kelompok besar yaitu 86,2%, dengan kategori penilaian sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji praktikalitas, modul sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan bahan ajar lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorAndheska, HarryNIP.198704032014041001
ContributorTesty Ariance Loren, FabioNIP.199201102019032021
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:40
Last Modified: 08 Aug 2023 04:40
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5702

Actions (login required)

View Item View Item