Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN PEMASARAN (SEGMENTING, TARGETING, AND POSITIONING) PADA HOME INDUSTRY SNACK RUMPUT LAUT MAHASEAWEED KELURAHAN TANJUNGPINANG BARAT

FITRIA NINGSIH, SANTI and Febriand Adel, Jack and Eka Ratih, Asri (2023) ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN PEMASARAN (SEGMENTING, TARGETING, AND POSITIONING) PADA HOME INDUSTRY SNACK RUMPUT LAUT MAHASEAWEED KELURAHAN TANJUNGPINANG BARAT. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Abstrak)
SANTI_FITRIA_NINGSIH-190462201014_Akuntansi_Abstrak.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (BAB I)
SANTI_FITRIA_NINGSIH_190462201014_Akuntansi_BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text (Cover)
SANTI_FITRIA_NINGSIH_190462201014_Akuntansi_Cover.pdf

Download (743kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SANTI_FITRIA_NINGSIH_190462201014_Akuntansi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (Full Teks)
SANTI_FITRIA_NINGSIH_190462201014_Akuntansi_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Ketidaktepatan dalam penetapan harga jual mempengaruhi tingkat daya beli konsumen sehingga produk tersebut akan kalah bersaing di pasaran. dimasa ini juga dituntut untuk melakukan suatu langkah yaitu pemasaran produk. Maka diperlukan perhitungan harga pokok produksi suatu produk. sehingga pemilik usaha mampu meletakkan harga jual yang pas dan sesuai dengan target pemasarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode deskriptif kualitatif untuk menyajikan gambaran strategi pemasaran segmenting, targeting, dan positioning . Sedangkan Metode deskriptif kuantitatif untuk menjelaskan subjek yang akan diteliti dan membandingkan harga pokok produksi menggunakan metode perusahaan, full costing dan variabel costing. Adapun selisih dari ketiga metode dengan jumlah selisihnya, untuk metode full costing dengan metode konvensional selisihnya sebesar Rp 7.856. untuk metode variabel costing dengan metode konvensional selisihnya sebesar Rp 1.369. dan untuk metode full costing dengan variabel costing selisihnya sebesar Rp 6.487. Strategi segmentasi yang dilakukan mahaseaweed yaitu didasarkan pada segmentasi geografis, demografis, dan psikografis. Dalam penentuan pasar, mahaseaweed menggunakan pola penentuan product specialization dan menggunakan strategi penetapan terkonsentrasi. diketahui bahwa perhitungan yang diterapkan mahaseaweed lebih rendah dibandingkan metode full costing dan variabel costing. Hal ini disebabkan pemilik usaha tidak memasukkan biaya-biaya secara tepat dalam perhitungan harga pokok produksi. Misalnya seperti biaya bensin, listrik, dan penyusutan. Mahaseaweed telah menerapkan strategi pemasaran tersebut yang akan menjadi langkah awal dalam menentukan bauran pemasaran. Melalui strategi ini, mahaseaweed dapat menentukan segmen yang diharapkan, target yang dicapai, dan bagaimana posisi produk dipasar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorFebriand Adel, JackNIDN.1006027702
ContributorEka Ratih, AsriNIDN.1017038103
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: user akutansi akutansi
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:21
Last Modified: 10 Aug 2023 02:21
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5720

Actions (login required)

View Item View Item