Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PESAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG

SARI, RETNO and Shanty, Isnaini and Andheska, Harry (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PESAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
Retno Wulan Sari_190388201046_PBSI_COVER.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Retno Wulan Sari_190388201046_PBSI_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (BAB I)
Retno Wulan Sari_190388201046_PBSI_BAB I.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Retno Wulan Sari_190388201046_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (Full Teks)
Retno Wulan Sari_190388201046_PBSI_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran puzzle pesan pada pembelajaran menulis surat dinas siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tanjungpinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Four-D (4D) yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Dissemiinate. Tetapi pada penelitian ini peneliti hanya sampai Develop saja. Data dari penenlitian ini diperoleh dari validasi ahli media dan ahli materi yang kemudian diujicobakan pada 18 siswa untuk skala kecil dan 30 siswa untuk skala besar. Penilaian ahli media dan ahli materi mencakup kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kelayakan penyajian. Hasil penilaian dari ahli media dengan rata-rata 97% dengan kualifikasi sangat valid, sedangakn hasil penilaian dari ahli materi dengan rata-rata 82% dengan kualifikasi sangat valid. Kemudian penilaian dari lembar uji kepraktisan media oleh guru dengan rata-rata 97% dengan kualifikasi sangat praktis, uji kepraktisan siswa skala kecil dengan rata-r ata 97% dengan kualifikasi sangat praktis dan uji kepraktisan siswa skala besar dengan rata-rata 94% dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan uji validitas dan kepraktisan media, puzzle pesan layak dijadikan media pembelajaran dengan kualifikasi sangat valid dan praktis dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDShanty, IsnainiNIP.196207261986012001
UNSPECIFIEDAndheska, HarryNIP.19870403201441001
Subjects: 400. Bahasa > 411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan
400. Bahasa > 411.52 Spelling/Ejaan dan Ucapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:17
Last Modified: 09 Aug 2023 08:17
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5796

Actions (login required)

View Item View Item