NURHAFIKA, NURHAFIKA and Nur, Izzati and Desi, Rahmatina (2023) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR GREGORC PADA SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
NURHAFIKA_190384202050_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (708kB) |
|
Text (Abstrak)
NURHAFIKA_190384202050_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (293kB) |
|
Text (BAB I)
NURHAFIKA_190384202050_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (529kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
NURHAFIKA_190384202050_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (410kB) |
|
Text (Full Teks)
NURHAFIKA_190384202050_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa yang ditinjau dari gaya berpikir Gregorc pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah delapan siswa yang terdiri dari dua siswa dari masing-masing gaya berpikir, yaitu sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, tes dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti, angket gaya berpikir, lembar tes literasi matematika dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret mampu memenuhi level kognitif literasi matematika knowing (pengetahuan dan pemahaman) dan applying (penerapan) sehingga siswa berada pada tingkat kompetensi cakap, siswa dengan gaya berpikir sekuensial acak mampu memenuhi level kognitif literasi matematika knowing (pengetahuan dan pemahaman) dan applying (penerapan) sehingga siswa berada pada tingkat kompetensi cakap, siswa dengan gaya berpikir acak konkret mampu memenuhi level kognitif literasi matematika knowing (pengetahuan dan pemahaman) sehingga siswa berada pada tingkat kompetensi dasar dan siswa dengan gaya berpikir acak abstrak hanya mampu memenuhi level kognitif literasi matematika knowing (pengetahuan dan pemahaman) sehingga siswa berada pada tingkat kompetensi dasar.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:55 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:55 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5832 |
Actions (login required)
View Item |