Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR GREGORC PADA SISWA KELAS VIII SMP

NURHAFIKA, NURHAFIKA and Nur, Izzati and Desi, Rahmatina (2023) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR GREGORC PADA SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
NURHAFIKA_190384202050_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (708kB)
[img] Text (Abstrak)
NURHAFIKA_190384202050_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (BAB I)
NURHAFIKA_190384202050_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version

Download (529kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NURHAFIKA_190384202050_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (Full Teks)
NURHAFIKA_190384202050_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa yang ditinjau dari gaya berpikir Gregorc pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah delapan siswa yang terdiri dari dua siswa dari masing-masing gaya berpikir, yaitu sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, tes dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti, angket gaya berpikir, lembar tes literasi matematika dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret mampu memenuhi level kognitif literasi matematika knowing (pengetahuan dan pemahaman) dan applying (penerapan) sehingga siswa berada pada tingkat kompetensi cakap, siswa dengan gaya berpikir sekuensial acak mampu memenuhi level kognitif literasi matematika knowing (pengetahuan dan pemahaman) dan applying (penerapan) sehingga siswa berada pada tingkat kompetensi cakap, siswa dengan gaya berpikir acak konkret mampu memenuhi level kognitif literasi matematika knowing (pengetahuan dan pemahaman) sehingga siswa berada pada tingkat kompetensi dasar dan siswa dengan gaya berpikir acak abstrak hanya mampu memenuhi level kognitif literasi matematika knowing (pengetahuan dan pemahaman) sehingga siswa berada pada tingkat kompetensi dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDNur, IzzatiNIP. 197003251998022002
UNSPECIFIEDDesi, RahmatinaNIDN. 1005127603
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:55
Last Modified: 09 Aug 2023 07:55
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item View Item