MUJI LESTARI, INDAH and Pardi, Hilfi and Fitriyah, Dina (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
INDAH MUJI LESTARI_160384204010_Cover.pdf - Published Version Download (717kB) |
|
Text (Abstrak)
INDAH MUJI LESTARI_160384204010_Abstrak.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
Text (BAB I)
INDAH MUJI LESTARI_160384204010_BAB I.pdf - Published Version Download (73kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
INDAH MUJI LESTARI_160384204010_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (62kB) |
|
Text (Full Teks)
INDAH MUJI LESTARI_160384204010_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi yang terdapat konsep materi yang bersifat mikroskopis seperti materi faktor-faktor kesetimbangan kimia. Media pembelajaran yang biasa digunakan pada proses pembelajaran kurang menarik, kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik serta peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Peserta didik membutuhkan media yang menyenangkan, tidak membosankan dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang praktis serta mudah digunakan yang dapat diakses menggunakan smartphone. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhanpeserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan video pembelajaran pada materi faktor-faktor kesetimbangan kimia kelas XI; 2) Mengetahui validitas video pembelajaran pada materi faktor-faktor kesetimbangan kimia kelas XI; 3) Mengetahui praktikalitas video pembelajaran pada materi faktor-faktor kesetimbangan kimia kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan model penelitian Hanafin and Peck yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi. Hasil uji validitas materi diperoleh persentase sebesar 82,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji validitas media diperoleh persentase sebesar 78,57% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 91,2% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji praktikalitas respon guru diperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran kimia. Kata kunci : Video Pembelajaran, Faktor-Faktor Kesetimbangan Kimia
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 03:45 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:45 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6149 |
Actions (login required)
View Item |