Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI

MUJI LESTARI, INDAH and Pardi, Hilfi and Fitriyah, Dina (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
INDAH MUJI LESTARI_160384204010_Cover.pdf - Published Version

Download (717kB)
[img] Text (Abstrak)
INDAH MUJI LESTARI_160384204010_Abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (BAB I)
INDAH MUJI LESTARI_160384204010_BAB I.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
INDAH MUJI LESTARI_160384204010_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (Full Teks)
INDAH MUJI LESTARI_160384204010_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi yang terdapat konsep materi yang bersifat mikroskopis seperti materi faktor-faktor kesetimbangan kimia. Media pembelajaran yang biasa digunakan pada proses pembelajaran kurang menarik, kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik serta peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Peserta didik membutuhkan media yang menyenangkan, tidak membosankan dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang praktis serta mudah digunakan yang dapat diakses menggunakan smartphone. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhanpeserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan video pembelajaran pada materi faktor-faktor kesetimbangan kimia kelas XI; 2) Mengetahui validitas video pembelajaran pada materi faktor-faktor kesetimbangan kimia kelas XI; 3) Mengetahui praktikalitas video pembelajaran pada materi faktor-faktor kesetimbangan kimia kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan model penelitian Hanafin and Peck yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi. Hasil uji validitas materi diperoleh persentase sebesar 82,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji validitas media diperoleh persentase sebesar 78,57% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 91,2% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji praktikalitas respon guru diperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran kimia. Kata kunci : Video Pembelajaran, Faktor-Faktor Kesetimbangan Kimia

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorPardi, HilfiNIP. 198906012019031013
ContributorFitriyah, DinaNIP. 198804222019032015
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:45
Last Modified: 18 Aug 2023 03:45
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6149

Actions (login required)

View Item View Item