PURBA, HERI and Ulfha, Fitriana and Tetty, Tetty (2023) KEPUASAN KONSUMEN KERUPUK ATOM EMY DI KABUPATEN BINTAN DENGAN PENDEKATAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
HERI_PURBA_160254245006_Sosial Ekonomi Perikanan - Cover.pdf - Published Version Download (416kB) |
|
Text (Abstrak)
HERI_PURBA_160254245006_Sosial Ekonomi Perikanan - Abstrak.pdf - Published Version Download (138kB) |
|
Text (BAB I)
HERI_PURBA_160254245006_Sosial Ekonomi Perikanan - BAB I.pdf - Published Version Download (80kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
HERI_PURBA_160254245006_Sosial Ekonomi Perikanan - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (106kB) |
|
Text (Full Text)
HERI_PURBA_160254245006_Sosial Ekonomi Perikanan - Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (995kB) | Request a copy |
Abstract
Kabupaten Bintan merupakan kabupaten dengan sumber daya perikanan yang cukup melimpah, yang mendorong lahirnya usaha pengolahan hasil perikanan yang didorong pertumbuhannya oleh pemerintah setempat. Namun banyak UMKM yang tidak mampu bertahan karena tidak mampu memperluas dan mempertahankan pangsa pasarnya, yang masih bertahan adalah kerupuk atom Emy di Desa Malang Rapat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen kerupuk atom Emy dengan menggunakan pendekatan Importance Performance Analysis (IPA). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2023 di usaha kerupuk atom Emy. Adapaun alat dan bahan yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data, alat tulis untuk mencatat data, handphone untuk dokumentasi dan laptop untuk mengolah data. Data yang diperlukan adalah lokasi sebaran kerupuk atom Emy, harapan dan kinerja atribut kepuasan konsumen kerupuk atom Emy dan karakteristik responden. Analisis penelitian ini menggunakan Important Performance Analysis yang terdiri dari analisis tingkat kesesuaian dan analisis kuadran. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat kesesuaian seluruh atribut kepuasan konsumen kerupuk atom Emy 101%, dan analisis kuadran menunjukkan konsumen kerupuk atom Emy puas terhadap 11 atribut kepuasan kerupuk atom Emy yaitu atribut yang terletak pada kuadran B adalah rasa kerupuk atom (Q1), produk utuh dan tidak rusak (Q2), kerupuk bersih (Q3), memberikan keterangan komposisi, label halal, dan expired (Q6), ukuran kemasan bervariasi (Q7), tersedianya layanan purna jual atau pengembalian produk rusak (Q10), percaya diri menyuguhkan produk (Q11), dan variasi harga yang beragam (Q17). Kemudian beberapa atribut yang terletak pada kuadran D adalah atribut kemudahan memberikan keluhan dan saran (Q8), mendukung UMKM (Q12), produk tanpa pajak (Q18). Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsumen kerupuk atom Emy cukup puas dengan kinerja kerupuk atom Emy.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 338.04092 Entrepreneurs/Entrepreneur, Wirausaha 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 650 - 659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan | |||||||||
Depositing User: | user sosialEK | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 06:28 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:28 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6164 |
Actions (login required)
View Item |