Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENERAPAN STANDAR MUTU AIR MINUM ISI ULANG BERDASARKAN PERMENKES NOMOR 43 TAHUN 2014 TENTANG HIGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM (Studi wilayah Kelurahan Tanjungpinang Barat)

MULYONO, MULYONO and Hendra, Arjuna and Lia, Nuraini (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENERAPAN STANDAR MUTU AIR MINUM ISI ULANG BERDASARKAN PERMENKES NOMOR 43 TAHUN 2014 TENTANG HIGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM (Studi wilayah Kelurahan Tanjungpinang Barat). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] PDF (cover)
Mulyono_160574201030_COVER_merged (1).pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] PDF (Abstrak)
Mulyono_160574201030_Ilmu hukum_Abstrak.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] PDF (Bab 1)
Mulyono_160574201030_Ilmu hukum_Bab1.pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Mulyono_160574201030_Ilmu hukum_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] PDF (Full Teks)
Mulyono_160574201030_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Kelurahan Tanjugpinang Barat terdapat 16 titik Depot Air Minum Isi Ulang yang sudah tercatat di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang. Dalam hal ini dapat dibuktikan dengan kepemilikan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi (SLHS). Sertifikat ini adalah sebagai bukti tertulis yang dikeluarkan oleh Kabupaten/atau Kota yang berwenang terhadap Depot Air Minum yang telah memenuhi standar baku mutu atau persyaratan kualitas air minum dan persyaratan Higiene Sanitasi. Dalam perjalanannya masih terdapat depot-depot yang belum sepenuhnya memenuhi persyaratan dari segi tempat, peralatan dan penjamah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan standar mutu air minum isi ulang berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Higiene Sanitasi Depot Air Minum dengan menggunakan teori Perlindungan hukum konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Normatif-Empiris serta menggunakan teknik dan alat pengumpulan data berupa wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam penelitian ini belum seluruhnya terlaksananya penerapan standar mutu air minum isi ulang yang sesuai dengan peraturan yang sudah ada. Depot air minum isi ulang tidak memberikan informasi kepada konsumen terkait perkembangan kadar air. Karyawan yang belum mendapatkan pelatihan dari Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorHendra, Arjuna196612021997031003
ContributorLia, Nuraini199007232019032015
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum
300. Ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum > 346 Private Law/Hukum Privat, Hukum Perdata
300. Ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum > 346.02 Contracts/Hukum Kontrak
300. Ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum > 346.04 Property/Hukum Kepemilikan, Hak Milik Pribadi
300. Ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum > 346.05 Inheritance/Hukum Waris, Warisan
300. Ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum > 347.05 Civil Procedure/Hukum Acara Perdata
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: user ilmuhukum
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:23
Last Modified: 16 Aug 2023 04:23
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item