Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT KELAS XI SMK NEGERI 1 BINTAN TIMUR

HARYANIE, JULIE and Siregar, Nur Asma Riani and Elvi, Mariyanti (2024) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT KELAS XI SMK NEGERI 1 BINTAN TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
JULIE_HARYANIE_190384202047_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version

Download (995kB)
[img] Text (Abstrak)
JULIE_HARYANIE_190384202047_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
JULIE_HARYANIE_190384202047_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
JULIE_HARYANIE_190384202047_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Full Teks)
JULIE_HARYANIE_190384202047_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMK ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari enam orang siswa kelas XI RPL 2 SMK Negeri 1 Bintan Timur, yaitu tiga siswa dengan gaya kognitif field dependent dan tiga siswa field independent dengan masing-masing kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes GEFT, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian yaitu triangulasi teknik dengan membandingkan hasil tes kemampuan representasi matematis dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent cenderung menggunakan bentuk representasi visual. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent cenderung dapat menggunakan dua representasi yaitu visual dan persamaan atau ekspresi matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSiregar, Nur Asma RianiNIP.198712302019032010
UNSPECIFIEDElvi, MariyantiNIP.199103072019032022
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:37
Last Modified: 22 Jan 2024 02:37
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6587

Actions (login required)

View Item View Item