MAYSYAROH, MAYSYAROH and Liana, Metta and Siregar, Nur Asma Riani (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI FUNGSI KUADRAT. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Maysyaroh_190384202037_Pendidikan Matematika-Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
Maysyaroh_190384202037_Pendidikan Matematika-Abstrak.pdf - Published Version Download (396kB) |
|
Text (Bab 1)
Maysyaroh_190384202037_Pendidikan Matematika-Bab 1.pdf - Published Version Download (293kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Maysyaroh_190384202037_Pendidikan Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (540kB) |
|
Text (Full Text)
Maysyaroh_190384202037_Pendidikan_Matematika-Full_Text[8].pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas IX SMP Negeri 13 Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Expreriment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi pada peneltian ini adalah siswa/i kelas IX SMP Negeri13 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024 yaitu kelas IXA dan IXB. Sampel diambil dengan metode penentuan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IX A sebagai kelas dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi fungsi kuadrat. Hasil penelitian diperoleh N-Gain rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol sebersar 0,39 dan kelas eksperimen sebesar 0,69. Berdasarkan perolehan N-Gain dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 02:01 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 02:01 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6595 |
Actions (login required)
View Item |