Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI FUNGSI KUADRAT

MAYSYAROH, MAYSYAROH and Liana, Metta and Siregar, Nur Asma Riani (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI FUNGSI KUADRAT. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Maysyaroh_190384202037_Pendidikan Matematika-Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Maysyaroh_190384202037_Pendidikan Matematika-Abstrak.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (Bab 1)
Maysyaroh_190384202037_Pendidikan Matematika-Bab 1.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Maysyaroh_190384202037_Pendidikan Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text (Full Text)
Maysyaroh_190384202037_Pendidikan_Matematika-Full_Text[8].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas IX SMP Negeri 13 Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Expreriment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi pada peneltian ini adalah siswa/i kelas IX SMP Negeri13 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024 yaitu kelas IXA dan IXB. Sampel diambil dengan metode penentuan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IX A sebagai kelas dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi fungsi kuadrat. Hasil penelitian diperoleh N-Gain rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol sebersar 0,39 dan kelas eksperimen sebesar 0,69. Berdasarkan perolehan N-Gain dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDLiana, MettaNIP. 19880129 201903 2 016
UNSPECIFIEDSiregar, Nur Asma RianiNIP. 19871230 201903 2 010
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:01
Last Modified: 24 Jan 2024 02:01
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6595

Actions (login required)

View Item View Item