AFDILLAH, AFDILLAH and Izzati, Nur and Febrian, Febrian (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Afdillah_2003020013_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (821kB) |
|
Text (Abstrak)
Afdillah_2003020013_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (142kB) |
|
Text (BAB I)
Afdillah_2003020013_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Afdillah_2003020013_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (283kB) |
|
Text (Full Teks)
Afdillah_2003020013_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran terdiferensiasi menggunakan model project based learning dan mengetahui perbedaan siswa yang belajar dengan pembelajaran terdiferensiasi menerapkan model project based learning dengan siswa yang belajar dengan menerapkan model ekspositori kelas X pada materi Sistem Persamaan Tiga Variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan observasi. Instrument yang digunakan yaitu instrument utama yang terdiri atas lembar angket dan lembar tes serta intrumen pendukung terdiri atas modul ajar dan lembar kerja peserta didik. Data yang dianalisis berupa data kualitatif yang menjelaskan tentang kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif yang menjelaskan data kemampuan pemecahan masalah pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian tersebut terdapat dua hipotesis. Hipotesis pertama, menggunakan uji Wilcoxon karena data pretes dan postes kelas ekperimen tidak berdistribusi normal, didapatkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajatan terdiferensiasi menggunakan model project based learning dengan taraf signifikan 5% dan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,00. Sedangkan pada hipotesis kedua menggunakan uji Man Whitney U karena data N-gain pada kelas kontrol tidak berdistribusi normal, didapatkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran terdiferensiasi menggunakan model project based learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan taraf signifikan 5% dan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,00.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2024 01:56 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jan 2024 01:56 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6603 |
Actions (login required)
View Item |