Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan e-LKPD Interaktif Terintegrasi Socioscientific Issues Pada Materi Termokimia

YUSFADDILLAH, ANITA and Yulita, Inelda and Fitriyah, Dina (2024) Pengembangan e-LKPD Interaktif Terintegrasi Socioscientific Issues Pada Materi Termokimia. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
ANITA YUSFADDILLAH_2003040013_PENDIDIKAN KIMIA_COVER.pdf

Download (742kB)
[img] Text (Abstrak)
ANITA YUSFADDILLAH_2003040013_PENDIDIKAN KIMIA_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (BAB 1)
ANITA YUSFADDILLAH_2003040013_PENDIDIKAN KIMIA_BAB 1.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ANITA YUSFADDILLAH_2003040013_PENDIDIKAN KIMIA_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (FULL TEKS)
ANITA YUSFADDILLAH_2003040013_PENDIDIKAN KIMIA_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pendekatan pembelajaran di sekolah saat ini cenderung monoton dan kurang menginspirasi, menyebabkan siswa mungkin menghadapi kesulitan dalam memperoleh pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Salah satu faktor utamanya adalah pendekatan dalam pengajaran kimia yang lebih menekankan pada penghafalan daripada mengembangkan kemampuan berpikir siswa serta mengaktualisasikan konsep melalui pengalaman langsung mereka. Kimia, yang tergabung dalam IPA, memiliki keterkaitan yang kuat dengan kehidupan seharihari. Penerapan metode pembelajaran yang menekankan aspek socioscientific memiliki peran signifikan dalam memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsepkonsep kimia dan penerapannya dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itulah dilakukan pengembangan bahan ajar e-LKPD interaktif yang terintegrasi socioscientific issues pada materi termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD Interaktif Terintegrasi Socioscientific Issues Pada Materi Termokimia yang layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan Hannafin dan Peck yang meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap desain, serta tahap pengembangan dan implementasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan e-LKPD Terintegrasi Socioscientific Issues Pada Materi Termokimia menunjukkan hasil validasi materi sebesar 95,83% dengan kategori sangat layak sedangkan hasil validasi bahan ajar sebesar 98,21% dengan kategori sangat layak. Hasil praktikalitas oleh guru sebesar 83,33% dengan kategori sangat praktis sedangkan hasil praktikalitas peserta didik sebesar 87,41% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDYulita, IneldaNIP. 19860705842042004
UNSPECIFIEDFitriyah, DinaNIP. 198804222019032015
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:11
Last Modified: 23 Jan 2024 04:11
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6631

Actions (login required)

View Item View Item