Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN JENIS-JENIS KESALAHAN MENURUT KASTOLAN

HARTATI, SRI and Susanti, Susanti and Fera, Mirta (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN JENIS-JENIS KESALAHAN MENURUT KASTOLAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (cover)
SRI HARTATI_190384202048_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (581kB)
[img] Text (abstrak)
SRI HARTATI_190384202048_Pendidkan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1)
SRI HARTATI_190384202048_Pendidikan Matematika_BAB 1.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SRI HARTATI_190384202048_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (full text)
SRI_HARTATI_190384202048_Pendidikan_Matematika_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keslaahan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematis berdasarkan jenis-jenis kesalahan menurut Kastolan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lingga yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, tes kemampuan penalaran matematis dan pedoman wawancara. Adapun hasil penelitian yang diperoleh siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi memenuhi indikator menyajikan pernyataan matematika, indikator melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dan melakukan kesalahan konseptual. Siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang memenuhi indkator menyajikan pernyataan matematika namun tidak lengkap, tidak memenuhi indikator melakukan manipulasi matematika, dan tidak memenuhi indikator penarikan kesimpulan dengan melakukan kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah tidak memenuhi indikator menyajikan pernyataan matematika, tidak melakukan manipulasi matematika dan penarikan kesimpulan. Dengan melakukan kesalahan konseptual, Kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSusanti, SusantiNIP.19920209 201903 2 020
UNSPECIFIEDFera, MirtaNIDN. 0009018904
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:29
Last Modified: 24 Jan 2024 03:29
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6648

Actions (login required)

View Item View Item