AHMAD, AHMAD and Siregar, Nur Asma Riani and Susanti, Susanti (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 19 BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (cover)
Ahmad_190384202018_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version Download (945kB) |
|
Text (ABSTRAK)
Ahmad_190384202018_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (179kB) |
|
Text (BAB I)
Ahmad_190384202018_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Ahmad_190384202018_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (319kB) |
|
Text (FULL TEKS)
Ahmad_190384202018_Pendidikan Matematika - full teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran CORE dan (2) besar peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran CORE dan siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bintan tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sample diambil sebanyak satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII-B dengan jumlah 19 siswa dan satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas VIII-A dengan jumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis dengan uji paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test didapati bahwa nilai P-value 0,000 (P-value<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran CORE. (2) Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t test diperoleh nilai P-value sebesar 0,000 (P-value<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa rata�rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran CORE lebih tinggi dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:17 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:17 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6716 |
Actions (login required)
View Item |