Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PREDICT – OBSERVE – EXPLAIN (POE) PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI

AGANTHA MARTHA SIHOMBING, LUSIYANA and Pardi, Hilfi and Widhia Sabekti, Ardi (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PREDICT – OBSERVE – EXPLAIN (POE) PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
LUSIYANA AGANTHA MARTHA SIHOMBING_170384204023_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (Abstrak)
LUSIYANA AGANTHA MARTHA SIHOMBING_170384204023_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text (BAB I)
LUSIYANA AGANTHA MARTHA SIHOMBING_170384204023_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
LUSIYANA AGANTHA MARTHA SIHOMBING_170384204023_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text (Full Teks)
LUSIYANA AGANTHA MARTHA SIHOMBING_170384204023_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Bahan ajar yang digunakan oleh guru pada saat pembelajaran berupa buku paket dan LKS cetak serta metode pembelajaran yang digunakan guru yaitu metode ceramah, dimana metode tersebut kurang efektif karena aktivitas guru lebih dominan dan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran karena cenderung menjadi pendengar. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah bahan ajar yang dapat melibatkan peran peserta didik secara lebih aktif seperti LKPD elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, validitas, dan praktikalitas dari LKPD elektronik berbasis POE pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) dengan model Hanafin and Peck yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap penilaian kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi. Hasil validasi materi dan bahan ajar memperoleh nilai yaitu 72,22% dan 75,00% dengan kategori penilaian valid. Hasil praktikalitas guru dan peserta didik memperoleh nilai 92,50% dan 91,92% dengan kategori penilaian sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik berbasis POE pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDPardi, HilfiNIP. 198906012019031013
UNSPECIFIEDWidhia Sabekti, ArdiNIP. 198903082018031001
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:50
Last Modified: 25 Jan 2024 03:50
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6797

Actions (login required)

View Item View Item