Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KATA PADA PEMBELAJARAN FABEL SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG.

Miranti, Pika and Malik, Abdul and Wahyusari, Ahada (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KATA PADA PEMBELAJARAN FABEL SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
PIKA MIRANTI_190388201073_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover (2).pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text (Abstrak)
PIKA MIRANTI_190388201073_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Abstrak (2).pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (Bab 1)
PIKA MIRANTI_190388201073_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Bab I (1).pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (daftar pustaka)
PIKA MIRANTI_190388201073_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Updated Version

Download (349kB)
[img] Text (full teks)
PIKA MIRANTI_190388201073_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Teks (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
PIKA MIRANTI_190388201073_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Lampiran (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran papan kata pada materi fabel siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan meninjau tingkat validitas dan praktikalitas dari penggunaan media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu model 4D yang dimulai dari tahap define (pendefinisian). design (perancangan), develop (pengembangan). Media yang peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran visual kreatif berupa papan kata materi fabel dengan beberapa soal yang harus diselesaikan untuk melihat kemampuan siswa dalam memahami materi fabel. Papan kata dilakukan validasi media oleh dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Jumlah siswa kelompok uji coba kepraktisan media pembelajaran, yaitu 5 siswa untuk kelompok kecil dan 35 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket validitas media, dan angket kepraktisan media. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian validitas dan kepraktisan media dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis komentar, saran, dan masukan terhadap media. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran papan kata dengan persentase validasi dari ahli materi mencapai 95% dengan kualifikasi “sangat valid” dan validasi ahli media mencapai 90% dengan kualifikasi “sangat valid”. Selanjutnya, dilakukan uji coba kepraktisan media kepada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjungpinang dengan persentase mencapai 85% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok kecil, 90% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok besar” dan 100% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk guru. Penelitian ini dapat di implementasikan serta dijadikan acuan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari media pembelajaran papan kata dan dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan media pembelajaran visual kreatif lainnya. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDMalik, AbdulNIP.195804091986011002
UNSPECIFIEDWahyusari, AhadaNIP.198504072012122003
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:30
Last Modified: 26 Jan 2024 09:30
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6885

Actions (login required)

View Item View Item