Riyu, Sultan and Irawan, Dody and Habibah, Siti (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Roda Tanya pada Materi Cerita Fabel Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SULTAN RIYU_190388201064_Pendidikan Bahasa dan Indonesia_Cover.-1.pdf - Published Version Download (495kB) |
|
Text (Abstrak)
SULTAN RIYU_190388201064_Pendidikan Bahasa dan Indonesia_Abstrak.pdf - Published Version Download (336kB) |
|
Text (BAB I)
SULTAN RIYU_190388201064_Pendidikan Bahasa dan Indonesia_Bab I.pdf - Published Version Download (350kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SULTAN RIYU_190388201064_Pendidikan Bahasa dan Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (222kB) |
|
Text (Full Teks)
SULTAN RIYU_190388201064_Pendidikan Bahasa dan Indonesia_Full Teks.-1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
SULTAN RIYU_190388201064_Pendidikan Bahasa dan Indonesia_Lampiran..pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran roda tanya pada materi pabel siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan meninjau tingkat validitas dan praktikalitas dari penggunaan media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu model 4D yang dimulai dari tahap define (pendefinisian). design (perancangan), develop (pengembangan). Media yang peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran visual kreatif berupa roda tanya materi cerita fabel dengan beberapa soal yang harus diselesaikan untuk melihat kemampuan siswa dalam memahami materi cerita fabel. Roda tanya dilakukan validasi media oleh dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Jumlah siswa kelompok uji coba kepraktisan media pembelajaran, yaitu 5 siswa untuk kelompok kecil dan 30 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket validitas media, dan angket kepraktisan media. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian validitas dan kepraktisan media dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis komentar, saran, dan masukan terhadap media. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran roda tanya dengan persentase validasi dari ahli materi mencapai 79% dengan kualifikasi “valid” dan validasi ahli media mencapai 96% dengan kualifikasi “sangat valid”. Selanjutnya, dilakukan uji coba kepraktisan media kepada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Tanjungpinang dengan persentase mencapai 90% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok kecil, 91% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok besar” dan 100% untuk dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk guru. Penelitian ini dapat di implementasikan serta dijadikan acuan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari media pembelajaran roda tanya dan dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan media pembelajaran visual kreatif lainnya. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2024 09:28 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2024 09:28 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6886 |
Actions (login required)
View Item |