Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

IMPLEMENTASI CHATBOT SISTEM INFORMASI DAN PEMESANAN TIKET MENGGUNAKAN TF-IDF DENGAN PENERAPAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING (STUDI KASUS: PELABUHAN FERRY DOMESTIK HARBOURBAY)

Kurniati, Aria and Nurfalinda, Nurfalinda and Ritha, Nola (2024) IMPLEMENTASI CHATBOT SISTEM INFORMASI DAN PEMESANAN TIKET MENGGUNAKAN TF-IDF DENGAN PENERAPAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING (STUDI KASUS: PELABUHAN FERRY DOMESTIK HARBOURBAY). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Aria Kurniati_190155201045_Teknik Informatika - Cover.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Aria Kurniati_190155201045_Teknik Informatika - Abstrak.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (BAB I)
Aria Kurniati_190155201045_Teknik Informatika - BAB I.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Aria Kurniati_190155201045_Teknik Informatika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (Full text)
Aria Kurniati_190155201045_Teknik Informatika - Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini telah berkembang sangat pesat serta memberikan pengaruh besar bagi dunia teknologi informasi dan telekomunikasi. Serta kini munculnya beragam aplikasi memberikan pilihan dalam peniengkatan kinerja suatu perusahaan atau industri, baik yang berbasis desktop, mobile maupun web. Peningkatan keakurasian serta efisiensi informasi dalam pemanfaatan teknologi komputer tentu lebih menjanjikan daripada penggunaan tenaga manusia secara manual. Penggunaan sistem chatbot sebagai sarana informasi dalam suatu industri dapat mempermudah manajemen pelayanannya karena sifat otomatis chatbot dalam menyampaikan informasi dari komputer ke pengguna. Natural Language Processing memungkinkan komputer untuk memahami bahasa alami seperti yang dilakukan manusia. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa program pembuatan aplikasi seputar informasi keberangkatan berbasis chatbot telah dibuat dengan meng-implementasikan metode Term Freequency Inverse Document Freequency dan Cosine Similarity. Penelitian ini menggunakan data sebanyak 150 data peertanyaan yang diklasifikasikan kedalam 37 label. Hasil yang didapat dari proses uji coba yang telah dilakukan mendapat hasil nilai accuracy sebesar 76%, nilai precision sebesar 76%, dan nilai recall sebesar 100% dengan menggunakan 25 kalimat uji coba.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDNurfalinda, NurfalindaNIP. 198401212019032013
UNSPECIFIEDRitha, NolaNIP.199011142019032016
Subjects: 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 - 629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 620.006 Management of Engineering/Manajemen Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: user Teknik Informatika
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:29
Last Modified: 29 Jan 2024 04:29
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item View Item