Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA KELAS X SMAN 7 TANJUNGPINANG PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

FEBRIANI, RIA and Hindrasti, Nur Eka Kusuma and Fernando, Adam (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA KELAS X SMAN 7 TANJUNGPINANG PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
RIA FEBRIANI_190384205005_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (Abstrak)
RIA FEBRIANI_190384205005_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (BAB 1)
RIA FEBRIANI_190384205005_Pendidikan Biologi_ BAB 1.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
RIA FEBRIANI_190384205005_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (502kB)
[img] Text (Full Teks)
RIA FEBRIANI_190384205005_Pendidikan Biologi_ Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model Problem-based Learning dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 7 Tanjungpinang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi kolaborasi. Pengujian hipotesis menggunakan Uji Independen Sample T-Test dan Uji Manova. Berdasarkan hasil uji hipotesis di ketahui: (1) terdapat pengaruh yang siginifikan pada penerapan model pembelajaran Problem-based Learning degan teknik mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (2) terdapat pengaruh yang siginifikan pada penerapan model pembelajaran Problem-based Learning degan teknik mind mapping terhadap kemampuan kolaborasi siswa (3) terdapat pengaruh yang siginifikan pada penerapan model pembelajaran Problem-based Learning degan teknik mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDHindrasti, Nur Eka KusumaNIP. 198905232014042001
UNSPECIFIEDFernando, AdamNIP. 199109052019031007
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:05
Last Modified: 29 Jan 2024 02:05
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6891

Actions (login required)

View Item View Item