Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS YURIDIS TERHADAP RATIO DECIDENDI DALAM PUTUSAN MA RI NO. 836/K/Pdt.Sus-HKI/2022 MENGENAI SENGKETA MEREK TERKENAL STARBUCKS

Meliala Sembiring, Erlando Risky (2024) ANALISIS YURIDIS TERHADAP RATIO DECIDENDI DALAM PUTUSAN MA RI NO. 836/K/Pdt.Sus-HKI/2022 MENGENAI SENGKETA MEREK TERKENAL STARBUCKS. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Risky_Erlando_Sembiring_Meliala_Ilmu Hukum - Cover.pdf - Published Version

Download (609kB)
[img] Text (Abstrak)
Risky_Erlando_Sembiring_Meliala_Ilmu Hukum - Abstrak.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Bab 1)
Risky_Erlando_Sembiring_Meliala_Ilmu Hukum - Bab 1.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Risky_Erlando_Sembiring_Meliala_Ilmu Hukum - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Full Teks)
Risky_Erlando_Sembiring_Meliala_Ilmu Hukum - FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul "Analisis Yuridis Terhadap Ratio Decidendi dalam Putusan MA RI No. 836/K/Pdt.Sus-HKI/2022 Mengenai Sengketa Merek Terkenal Starbucks." Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ratio decidendi dari putusan Mahkamah Agung terkait sengketa merek terkenal Starbucks, khususnya dalam kasus Sumatra Tobacco Company yang menggunakan merk "Starbucks" untuk merek rokoknya. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Fokus utama adalah untuk mengevaluasi kesesuaian ratio decidendi putusan Mahkamah Agung No. 836 K/Pdt.Sus-HKI/2022 dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sumatra Tobacco Company sebelumnya mendaftarkan merek "Starbucks" untuk merek rokoknya dan memenangkan kasus di Pengadilan Negeri. Namun, pada tingkat kasasi, Mahkamah Agung memutuskan untuk mendukung Merek Terkenal Starbucks Corporation, membatalkan merek "Starbucks" Sumatra Tobacco Company. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ratio decidendi yang dihasilkan oleh hakim dalam putusan tersebut dianggap tepat dan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016. Implikasinya, pengakuan Merek Terkenal Starbucks oleh Mahkamah Agung dapat dijadikan preseden penting dalam perlindungan merek terkenal di Indonesia Kata Kunci: Merek Terkenal, Ratio Decidendi, Starbucks

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDRani, MarniaNIP.19810308 2014042001
UNSPECIFIEDNuraini, LiaNIP.19900723 2019032015
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: user ilmuhukum
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:23
Last Modified: 13 Feb 2024 04:23
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7310

Actions (login required)

View Item View Item