MAHARANI, SEPTIANA and Elvi, Mariyanti and Doni Azmi, Roma (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SEPTIANA_MAHARANI_2003020002_Pendidikan_Matematika - Cover.pdf - Published Version Download (894kB) |
|
Text (Abstrak)
SEPTIANA_MAHARANI_2003020002_Pendidikan_Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (304kB) |
|
Text (BAB I)
SEPTIANA_MAHARANI_2003020002_Pendidikan_Matematika - BAB I.pdf - Published Version Download (580kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SEPTIANA_MAHARANI_2003020002_Pendidikan_Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (535kB) |
|
Text (Full Teks)
SEPTIANA_MAHARANI_2003020002_Pendidikan_Matematika - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
SEPTIANA_MAHARANI_2003020002_Pendidikan_Matematika - Lampiran.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Modul Ajar & LKS)
SEPTIANA_MAHARANI_2003020002_Pendidikan_Matematika - Modul Ajar & LKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode tutor sebaya terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bintan. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen utama yang terdiri dari lembar tes dan lembar observasi serta instrumen pendukung yang terdiri dari modul ajar dan lembar kerja siswa. Data yang dianalisis berupa data kuantitatif yang dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 67,8 dan 58,2 dengan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata posttest kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan N-gain didapatkan bahwa rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata N-gain kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode tutor sebaya memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 06:17 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 06:17 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7418 |
Actions (login required)
View Item |