FITRIANI, KHOFIFAH INTAN NUR and Dwinata, Alona and Putri, Nurul Hilda Syani (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PACE DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
KHOFIFAH_INTAN_NUR_FITRIANI_2003020056_Pendidikan_Matematika-COVER.pdf - Published Version Download (852kB) |
|
Text (Abstrak)
KHOFIFAH_INTAN_NUR_FITRIANI_2003020056_Pendidikan_Matematika-ABSTRAK.pdf - Published Version Download (150kB) |
|
Text (BAB I)
KHOFIFAH_INTAN_NUR_FITRIANI_2003020056_Pendidikan_Matematika-BAB I.pdf - Published Version Download (231kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
KHOFIFAH_INTAN_NUR_FITRIANI_2003020056_Pendidikan_Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (283kB) |
|
Text (Full Teks)
KHOFIFAH_INTAN_NUR_FITRIANI_2003020056_Pendidikan_Matematika-Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan penalaran matematis yang mendapatkan model pembelajaran Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise (PACE) dengan konteks kemaritiman lebih tinggi daripada yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bintan yang terdiri dari sepuluh kelas yaitu kelas VIIIA sampai VIIIH. Sampel diambil melalui teknik cluster sampling dengan cara mengundi kesepuluh kelas sehingga didapatkan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar ahli, lembar tes dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan penalaran matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,378 sedangkan rata-rata peningkatan penalaran matematis siswa kelas kontrol sebesar 0,25. Pada uji Independen t test, nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa peningkatan penalaran matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise (PACE) dengan konteks kemaritiman lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 03:35 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 03:35 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7419 |
Actions (login required)
View Item |