SARI, PUTRI SEKAR and Liana, Metta and Prastowo, Aang Yudho (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
PUTRI_SEKAR_SARI_2003020048_Pendidikan_Matematika - Cover.pdf - Published Version Download (798kB) |
|
Text (Abstrak)
PUTRI_SEKAR_SARI_2003020048_Pendidikan_Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
Text (BAB I)
PUTRI_SEKAR_SARI_2003020048_Pendidikan_Matematika - BAB I.pdf - Published Version Download (260kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
PUTRI_SEKAR_SARI_2003020048_Pendidikan_Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (205kB) |
|
Text (Full Teks)
PUTRI_SEKAR_SARI_2003020048_Pendidikan_Matematika - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
PUTRI_SEKAR_SARI_2003020048_Pendidikan_Matematika - Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (LKS)
PUTRI_SEKAR_SARI_2003020048_Pendidikan_Matematika - LKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan konteks kemaritiman dan menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan konteks kemaritiman lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non-tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Hasil penelitian ini pada hipotesis pertama menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan antara rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 25,75 dan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80,02 dengan nilai signifikansi 0,0005. Sementara pada hipotesis kedua menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 0,74 dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 0,41 dengan nilai signifikansi 0,0005. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model problem based learning dengan konteks kemaritiman lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan model konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 06:43 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 06:43 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7421 |
Actions (login required)
View Item |