NURMELIA, HERDA and Dwinata, Alona and Izzati, Nur (2024) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAK DENGAN KONTEKS BUDAYA MELAYU KEPULAUAN RIAU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Herda Nurmelia_2003020007_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (334kB) |
|
Text (Abstrak)
Herda Nurmelia_2003020007_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (441kB) |
|
Text (BAB I)
Herda Nurmelia_2003020007_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (409kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Herda Nurmelia_2003020007_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (512kB) |
|
Text (Full Teks)
Herda Nurmelia_2003020007_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran VAK dengan konteks budaya melayu Kepulauan Riau dan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 3 Bintan. Jenis penelitian ini menggunakan Quasy Eksperiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bintan yang terdiri dari enam kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII F. Sampel diambil menggunakan teknik cluster sampling yang mana dalam pengambilan kelasnya dilakukan secara acak dengan cara mengundi enam kelas sementara individu didalam kelas sebagai sampel dalam penelitian sehingga didapatkan dua kelas sampel, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes soal uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,82, sedangkan rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol sebesar 0,72. Pada uji independent t-test, nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Karena uji yang dilakukan adalah uji satu pihak (uji pihak kanan), maka Sig.=1/2×0,004=0,002 dan diketahui bahwa 0,002<0,05, sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen yang belajar menggunakan model pembelajaran VAK dengan konteks budaya melayu Kepulauan Riau lebih tinggi dari peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:51 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:51 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7423 |
Actions (login required)
View Item |