Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EXELEARNING MEMUAT CLOZE ACTIVITY PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI SMP KELAS VII

MELLIAWATI, MELLIAWATI and Yudho Prastowo, Aang and Doni Azmi, Roma (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EXELEARNING MEMUAT CLOZE ACTIVITY PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI SMP KELAS VII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Melliawati_2003020006_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version

Download (957kB)
[img] Text (Abstrak)
Melliawati_2003020006_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Bab I)
Melliawati_2003020006_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Melliawati_2003020006_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (Full Teks)
Melliawati_2003020006_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas e-modul pembelajaran matematika berbasis eXeLearning memuat cloze activity pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 siswa kelas VII SMP N 1 di Kepulauan Posek. Jenis penelitiannya adalah R&D dengan langkah-langkah ADDIE; Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil uji validitas ahli materi diperoleh dengan skor 80% dan skor ahli media 90%, sehingga e-modul yang dikembangkan berada pada kriteria valid. Hasil uji praktikalitas siswa diperoleh rata-rata 87% dan hasil praktikalitas guru diperoleh rata-rata 90%. Hasil perhitungan efektivitas siswa menggunakan n-gain adalah 0,89 dengan kriteria efektivitas tinggi. Berdasarkan proses validasi, uji kepraktisan dan uji efektivitas – modul pembelajaran matematika berbasis ExeLearning memuat cloze activity pada materi perbandingan senilai dan berbalik dinyatakan valid, praktis dan efektif. E-modul yang dikembangkan dapat membantu siswa memahami materi, sehingga cocok untuk pembelajaran bagi siswa kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDYudho Prastowo, AangNIDN.199103242022031007
UNSPECIFIEDDoni Azmi, RomaNIDN.199103202022031005
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:36
Last Modified: 25 Jul 2024 06:36
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item