PRABAWANI, REPI and Siregar, Nur Asma Riani and Alona, Dwinata (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
This is the latest version of this item.
Text (Cover)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (700kB) |
|
Text (Abstrak)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (209kB) |
|
Text (BAB 1)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_BAB 1.pdf - Published Version Download (346kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (217kB) |
|
Text (Full Text)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan pendidik dalam mendukung penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang memperhatikan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi yang memperhatikan gaya belajar peserta didik pada materi kesebangunan kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Adapun subjek uji coba pada penelitian ini ialah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 6 Bintan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar angket validasi dan instrumen efektivitas. Teknis analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 83,3%, hasil validasi ahli materi sebesar 82,5%, dan hasil validasi ahli bahasa sebesar 87,78%. Hasil angket respon pendidik diperoleh presentase sebesar 87,27% dengan kriteria sangat praktis. Hasil angket respon peserta didik diperoleh presentase sebesar 89,71% dengan kriteria sangat praktis. Hasil N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,75 dikategori peningkatan tinggi dan ketercapaian hasil belajar terhadap KKTP menunjukkan 100% peserta didik masuk kategori minimal cukup. Hal ini menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kesebangunan. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi kesebangunan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:06 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:06 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7470 |
Available Versions of this Item
-
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII SMP. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII SMP. (deposited 29 Jul 2024 04:06) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |