Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII SMP

PRABAWANI, REPI and Siregar, Nur Asma Riani and Alona, Dwinata (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (700kB)
[img] Text (Abstrak)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (BAB 1)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_BAB 1.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Full Text)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
REPI_PRABAWANI_2003020033_Pendidikan Matematika_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan pendidik dalam mendukung penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang memperhatikan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi yang memperhatikan gaya belajar peserta didik pada materi kesebangunan kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Adapun subjek uji coba pada penelitian ini ialah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 6 Bintan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar angket validasi dan instrumen efektivitas. Teknis analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 83,3%, hasil validasi ahli materi sebesar 82,5%, dan hasil validasi ahli bahasa sebesar 87,78%. Hasil angket respon pendidik diperoleh presentase sebesar 87,27% dengan kriteria sangat praktis. Hasil angket respon peserta didik diperoleh presentase sebesar 89,71% dengan kriteria sangat praktis. Hasil N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,75 dikategori peningkatan tinggi dan ketercapaian hasil belajar terhadap KKTP menunjukkan 100% peserta didik masuk kategori minimal cukup. Hal ini menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kesebangunan. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi kesebangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSiregar, Nur Asma RianiNIP.198712302019032010
UNSPECIFIEDDwinata, AlonaNIP.198802232014042003
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:06
Last Modified: 29 Jul 2024 04:06
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7470

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item