ESTIYANI, ESTIYANI and Liana, Metta and Asma Riani Siregar, Nur (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 13 TANJUNGPINANG DITINJAU DARI MINAT BELAJAR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
ESTIYANI_190384202003_Pendidikan_Matematika - Cover.-3.pdf - Published Version Download (863kB) |
|
Text (Abstrak)
ESTIYANI_190384202003_Pendidikan_Matematika - Abstrak.-1.pdf - Published Version Download (198kB) |
|
Text (BAB I)
ESTIYANI_190384202003_Pendidikan_Matematika - BAB I.-1.pdf - Published Version Download (322kB) |
|
Text (BAB II)
ESTIYANI_190384202003_Pendidikan_Matematika - BAB II.-1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
ESTIYANI_190384202003_Pendidikan_Matematika - BAB III.-1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
ESTIYANI_190384202003_Pendidikan_Matematika - BAB IV.-1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
ESTIYANI_190384202003_Pendidikan_Matematika - BAB V.-1.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Full text)
Estiyani_190384202003_Pendidikan_Matematika - Full Teks(1)-1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
ESTIYANI_190384202003_Pendidikan_Matematika - Daftar Pustaka.-1.pdf - Published Version Download (342kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang ditinjau dari minat belajarnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2024 di SMP Negeri 13 Tanjungpinang. Subjek penelitian terdiri dari 1 peserta didik dengan kategori minat belajar sangat tinggi, 1 peserta didik dengan kategori minat belajar tinggi, 1 peserta didik dengan kategori minat belajar sedang, 1 peserta didik dengan kategori minat belajar rendah, dan 1 peserta didik dengan kategori minat belajar sangat rendah. Data dikumpulkan dengan angket, tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan wawancara. Instrumen yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan didukung dengan instrumen angket minat belajar, soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan metode analisis Miles & Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis dengan kategori minat belajar sangat tinggi bisa mencukupi 4 indikator berpikir kritis matematis. kemudian dengan kategori minat belajar tinggi mampu mencukupi 4 kategori berpikir kritis matematis namun masih belum lengkap dan tepat. Selanjutnya, dengan kategori minat belajar sedang hanya mampu memenuhi 2 kategori saja sedangkan 2 kategori lainnya tidak terpenuhi. Kemampuan berpikir kritis matematis dengan kategori minat belajar rendah hanya mampu mencukupi 1 indikator dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis. Serta dengan kategori minat belajar sangat rendah tidak mencukupi 4 indikator kemampuan berpikir kritis matematis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 05:00 | |||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2024 03:15 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7493 |
Actions (login required)
View Item |