Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PERHITUNGAN HAMBATAN KAPAL DTMB 5415 DENGAN METODE SIMULASI MAXSURF RESISTANCE DAN PENGUJIAN DI TOWING TANK UNTUK BENCHMARK INTERNASIONAL DI PUSAT RISET TEKNOLOGI HIDRODINAMIKA

VERANDI, ALDE VIO and Prayetno, Eko and Purnama Sari, Dian (2024) PERHITUNGAN HAMBATAN KAPAL DTMB 5415 DENGAN METODE SIMULASI MAXSURF RESISTANCE DAN PENGUJIAN DI TOWING TANK UNTUK BENCHMARK INTERNASIONAL DI PUSAT RISET TEKNOLOGI HIDRODINAMIKA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
ALDE_VIO_VERANDI _ 2001030006 _ Teknik Perkapalan_ Cover.pdf - Published Version

Download (786kB)
[img] Text (Abstrak)
ALDE_VIO_VERANDI _ 2001030006 _ Teknik Perkapalan_ Abstrak.pdf - Published Version

Download (670kB)
[img] Text (Bab I)
ALDE_VIO_VERANDI _ 2001030006 _ Teknik Perkapalan_ BAB I.pdf - Published Version

Download (645kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
ALDE_VIO_VERANDI _ 2001030006 _ Teknik Perkapalan_ Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text (Full Teks)
ALDE_VIO_VERANDI _ 2001030006 _ Teknik Perkapalan_ Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Perhitungan hambatan model lambung DTMB 5415 dengan perangkat lunak Maxsurf Resistance dengan metode pendekatan Holtrop dan Fung serta Eksperimental di Towing tank Laboratorium Hidrodinamika Surabaya. Model lambung kapal DTMB 5415 dipilih sebagai rekomendasi data kapal Benchmarking untuk memvalidasi pengujian hambatan pada perangkat lunak Maxsurf Resistance. Penelitian ini menganalisis dan membandingkan hasil pengujian hambatan kapal menggunakan perangkat lunak Maxsurf Resistance dengan metode eksperimental di Towing tank pada model kapal DTMB 5415 dengan skala model 1:24,830. Pengujian dilakukan dengan sembilan variasi kecepatan yang terdiri dari tiga kecepatan utama dan enam kecepatan tambahan untuk memperoleh nilai hambatan total RT dan koefisien hambatan total CT. Hasil pengujian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hambatan total yang diperoleh melalui metode numerik dan eksperimental. Untuk nilai deviasi yang dapat diterima berturut-turut RT dan CT adalah dengan metode Holtrop sebesar 7,4% pada Fn 0,450. Nilai deviasi tertinggi terdapat pada metode Holtrop adalah 23,6% pada Fn 0,138. Perhitungan hambatan total RT pada metode Holtrop dan Fung berturut-turut memiliki tingkat deviasi rata-rata 16,388% dan 11,029%, sedangkan hambatan total CT pada metode Holtrop dan Fung memiliki tingkat deviasi rata-rata 16,388% dan 11,028%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDPrayetno, EkoNIDN.0019018902
UNSPECIFIEDPurnama Sari, DianNIP.197305041997032004
Subjects: 000_umum > 000. Ilmu Umum dan Komputer > 005.12. Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak
000_umum > 000. Ilmu Umum dan Komputer > 005.3 Programs/Program
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika
600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 - 629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 620.006 Management of Engineering/Manajemen Teknik
600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 - 629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 - 629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 623.82 Nautical Craft/Kapal laut
600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 680 - 689 Manufacture of Products for Specific Uses (Produksi untuk Keperluan Khusus)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: user teknikperkapalan
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:55
Last Modified: 30 Jul 2024 03:55
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7523

Actions (login required)

View Item View Item