PUTRI, KHARISMA REZKIDWI and Susanti, Susanti and Dwinata, Alona (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IX DI SMPN 1 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Kharisma Rezkidwi Putri_2003020028_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (707kB) |
|
Text (Abstrak)
Kharisma Rezkidwi Putri_2003020028_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
Text (BAB I)
Kharisma Rezkidwi Putri_2003020028_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (976kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Kharisma Rezkidwi Putri_2003020028_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (287kB) |
|
Text (Full Teks)
Kharisma Rezkidwi Putri_2003020028_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMP Negeri 1 Tanjungpinang pada materi kekongruenan dan kesebangunan dengan model pembelajaran kooperatif tipe time token lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tanjungpinang sebanyak 264 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah 84 siswa, dari kelas IX.4 sebagai kelas kontrol dan kelas IX.6 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen yang menggunakan design penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis dan lembar observasi. Instrument yang digunakan yaitu instrumen utama yang terdiri atas lembar pretest dan posttest dan instrument pendukung terdiri atas RPP, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Analisis data dilakukan dengan uji t sampel independent dengan hasil nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,002. Dikarenakan uji yang dilakukan adalah uji satu pihak (uji pihak kanan), maka nilai P-value = 1/2 × 0,002 = 0,001. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe time token lebih tinggi rata-rata kemampuan komunikasi matematis siwa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:12 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:12 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7610 |
Actions (login required)
View Item |