NST, ISLAM UZRI H.A. and Yunianto, Anton Hekso and Suwarni, Endah (2024) PERHITUNGAN HAMBATAN MODEL LAMBUNG DTMB 5415 MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (NUMECA) DAN EKSPERIMENTAL PADA TOWING TANK. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
Islam Uzri H.A. NST_2001030009_Teknik Perkapalan_Cover.pdf - Submitted Version Download (458kB) |
|
Text (ABSTRAK)
Islam Uzri H.A. NST_2001030009_Teknik Perkapalan_Abstrak.pdf - Published Version Download (246kB) |
|
Text (BAB I)
Islam Uzri H.A. NST_2001030009_Teknik Perkapalan_BAB I.pdf - Published Version Download (390kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Islam Uzri H.A. NST_2001030009_Teknik Perkapalan_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (366kB) |
|
Text (Full Teks)
Islam Uzri H.A. NST_2001030009_Teknik Perkapalan_Full Text.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perhitungan hambatan model lambung kapal DTMB 5415 menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan perangkat lunak NUMECA dan pengujian eksperimental di towing tank. Model lambung DTMB 5415 dipilih sebagai objek penelitian karena desainnya yang kompleks dan relevansinya dalam studi hidrodinamika kapal. Pengujian dilakukan pada berbagai angka Froude untuk memperoleh data hambatan total yang akurat. Hasil simulasi CFD dibandingkan dengan hasil eksperimen untuk memvalidasi model numerik yang digunakan. Analisis menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian yang baik antara data hasil simulasi dan eksperimen, dengan tingkat kesalahan 0,25% pada Fr = 0.05, 0.58% Fr = 0.138, 2.47% Fr = 0.28, 2.93% Fr = 0.41, dan 0.37% Fr = 0.45. Dengan demikian menunjukkan kesesuaian yang baik pada Froude number rendah.Hasil ini menunjukkan bahwa metode CFD menggunakan NUMECA efektif dalam memprediksi hambatan kapal, dan validasi ini memperkuat penggunaan CFD sebagai alat analisis dalam desain dan optimasi lambung kapal. Dengan membandingkan performa dan hasil pengujian towing tank Indonesia dengan towing tank internasional yang sudah terstandarisasi, benchmarking ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang akurat tentang keandalan dan akurasi fasilitas towing tank BRIN dalam melakukan uji hidrodinamika kapal.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 - 629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan | |||||||||
Depositing User: | user teknikperkapalan | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:50 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:50 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7661 |
Actions (login required)
View Item |