Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PERHITUNGAN HAMBATAN MODEL LAMBUNG DTMB 5415 MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (NUMECA) DAN EKSPERIMENTAL PADA TOWING TANK

NST, ISLAM UZRI H.A. and Yunianto, Anton Hekso and Suwarni, Endah (2024) PERHITUNGAN HAMBATAN MODEL LAMBUNG DTMB 5415 MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (NUMECA) DAN EKSPERIMENTAL PADA TOWING TANK. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
Islam Uzri H.A. NST_2001030009_Teknik Perkapalan_Cover.pdf - Submitted Version

Download (458kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Islam Uzri H.A. NST_2001030009_Teknik Perkapalan_Abstrak.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (BAB I)
Islam Uzri H.A. NST_2001030009_Teknik Perkapalan_BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Islam Uzri H.A. NST_2001030009_Teknik Perkapalan_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (Full Teks)
Islam Uzri H.A. NST_2001030009_Teknik Perkapalan_Full Text.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Perhitungan hambatan model lambung kapal DTMB 5415 menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan perangkat lunak NUMECA dan pengujian eksperimental di towing tank. Model lambung DTMB 5415 dipilih sebagai objek penelitian karena desainnya yang kompleks dan relevansinya dalam studi hidrodinamika kapal. Pengujian dilakukan pada berbagai angka Froude untuk memperoleh data hambatan total yang akurat. Hasil simulasi CFD dibandingkan dengan hasil eksperimen untuk memvalidasi model numerik yang digunakan. Analisis menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian yang baik antara data hasil simulasi dan eksperimen, dengan tingkat kesalahan 0,25% pada Fr = 0.05, 0.58% Fr = 0.138, 2.47% Fr = 0.28, 2.93% Fr = 0.41, dan 0.37% Fr = 0.45. Dengan demikian menunjukkan kesesuaian yang baik pada Froude number rendah.Hasil ini menunjukkan bahwa metode CFD menggunakan NUMECA efektif dalam memprediksi hambatan kapal, dan validasi ini memperkuat penggunaan CFD sebagai alat analisis dalam desain dan optimasi lambung kapal. Dengan membandingkan performa dan hasil pengujian towing tank Indonesia dengan towing tank internasional yang sudah terstandarisasi, benchmarking ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang akurat tentang keandalan dan akurasi fasilitas towing tank BRIN dalam melakukan uji hidrodinamika kapal.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDYunianto, Anton HeksoNIDN.0011067912
UNSPECIFIEDSuwarni, EndahNIP.197405011997032001
Subjects: 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 - 629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: user teknikperkapalan
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:50
Last Modified: 31 Jul 2024 07:50
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7661

Actions (login required)

View Item View Item