SOLFIAWATISYAH, IGA and Elfitra, Legi and Testy Ariance Loren, Fabio (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LATERI (BELAJAR TEKS BERITA) BERBANTUAN SMART APPS CREATOR 3 PADA MATERI TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
IGA SOLFIAWATISYAH_2003010012_PBSI_Cover.pdf - Published Version Download (556kB) |
|
Text (Abstrak)
IGA SOLFIAWATISYAH_2003010012_PBSI_Abstrak.pdf - Published Version Download (300kB) |
|
Text (Bab I)
IGA SOLFIAWATISYAH_2003010012_PBSI_Bab I.pdf - Published Version Download (319kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
IGA SOLFIAWATISYAH_2003010012_PBSI_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (307kB) |
|
Text (Lampiran)
IGA SOLFIAWATISYAH_2003010012_PBSI_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Full Teks)
IGA SOLFIAWATISYAH_2003010012_PBSI_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran lateri (Belajar Teks Berita) pada materi teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang tahun pelajaran 2023/2024. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D sampai tahapan pengembangan (develop) saja. Media yang yang dikembangkan berupa multimedia pembelajaran interaktif berupa aplikasi yang berisikan materi, soal latihan dan kuis mengenai teks berita yang dikerjakan oleh siswa. Media lateri telah dinilai berdasarkan dua validator, yaitu ahli media dan ahli materi. Jumlah siswa uji coba kepraktisan media yaitu 4 siswa untuk kelompok kecil dan 35 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni wawancara, angket validasi media oleh ahli media dan ahli materi dan angket kepraktisan media oleh siswa kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media lateri dengan persentase validasi dari ahli media memperoleh rata-rata 100% dengan kualifikasi “sangat valid”, sedangkan persentase validasi dari ahli materi memperoleh rata-rata 78,6% dengan kualifikasi “valid”. Selanjutnya, hasil uji kepraktisan media oleh kelompok kecil memperoleh rata-rata 83% dengan kualIfikasi “sangat praktis”, sedangkan hasil uji kepraktisan media oleh kelompok besar memperoleh rat-rata 81,5% dengan kualifikasi “sangat praktis”.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.01 Public Schools/Sekolah Negeri 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa1 | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:12 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:12 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7685 |
Actions (login required)
View Item |