ASTRIANI ARITONANG, CINDY and Andheska, Harry and Elfitra, Legi (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI WAHANA OBSERVASI BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Cindy Astriani Aritonang_2003010026_PBSI_Cover.pdf - Published Version Download (989kB) |
|
Text (Abstrak)
Cindy Astriani Aritonang_2003010026_PBSI_Abstrak.pdf - Published Version Download (312kB) |
|
Text (BAB 1)
Cindy Astriani Aritonang_2003010026_PBSI_BAB 1.pdf - Published Version Download (317kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Cindy Astriani Aritonang_2003010026_PBSI_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (298kB) |
|
Text (Full Teks)
Cindy Astriani Aritonang_2003010026_PBSI_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi wahana observasi berbantuan articulate storyline pada materi teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjungpinang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan model 4D yang dilakukan sampai tahap pengembangan. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan media pembelajaran interaktif berbasis digital berupa aplikasi yang dirancang dengan berbantuan articulate storyline. Aplikasi wahana observasi ini telah dinilai oleh dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Uji coba kepraktisan media terdiri dari dua kelompok, yaitu lima siswa untuk kelompok kecil dan 31 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket validasi media, dan angket kepraktisan media. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif untuk menganalisis komentar, saran, dan masukan terhadap media, serta dekriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian hasil validasi dan kepraktisan media. Hasil penelitian ini adalah produk media aplikasi wahana observasi dengan persentase validasi dari ahli media mencapai 93% dan kualifikasi “sangat valid” dan validasi oleh ahli materi mencapai 100% dengan kualifikasi “sangat valid”. Setelah itu, dilakukan uji coba kepraktisan aplikasi wahana observasi kepada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjungpinang yang memperoleh nilai 91% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok kecil dan 88% dengan kualifikasi “sangat praktis” untuk kelompok besar. Penelitian ini dapat dijadikan acuan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari aplikasi wahana observasi dan dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan media interaktif lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.01 Public Schools/Sekolah Negeri 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa1 | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:05 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 03:05 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7715 |
Actions (login required)
View Item |