PETRUS, SUPANDI and Sofia, Myrna and Kurniawan, Roni (2024) PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) DI KECAMATAN TANJUNGPINANG TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SUPANDI_PETRUS_2004020057_Manajemen-Cover.pdf - Published Version Download (993kB) |
|
Text (Abstrak)
SUPANDI_PETRUS_2004020057_Manajemen-Abstrak.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
Text (BAB I)
SUPANDI_PETRUS_2004020057_Manajemen-BAB I.pdf - Published Version Download (375kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SUPANDI_PETRUS_2004020057_Manajemen-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (333kB) |
|
Text (Full Teks)
SUPANDI_PETRUS_2004020057_Manajemen-Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Kualitas Produk, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing pada Industri Kecil Menengah (IKM) di Kecamatan Tanjungpinang Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) Pangan di Kecamatan Tanjungpinang Timur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 responden, dengan menggunakan simple random sampling atau teknik pengambilan anggota sampel dari populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data analisis menggunakan analisis regresi linear berganda, termasuk uji t, uji f dan determinasi (R2). Penelitian dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Inovasi Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (Y), variabel Kreativitas Produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (Y), variabel Kualitas Produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (Y), variabel Orientasi Kewirausahaan (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing (Y). Secara simultan Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Kualitas Produk, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing. Berdasarkan uji koefisien determinasi, Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Kualitas Produk, dan Orientasi Kewirausahaan berpenagruh sebesar 75,7% terhadap keunggulan bersaing.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen | |||||||||
Depositing User: | user manajemen | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2024 04:22 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2024 04:22 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7970 |
Actions (login required)
View Item |